Memahami Tentang Fungsi Dan Contoh Dari Agen Perjalanan Wisata

Agen perjalanan wisata

Keberadaan dari Agen perjalanan wisata sangat krusial. Fungsinya untuk membantu traveler dalam merencanakan perjalanan. Tetapi seorang agen ini berbeda dengan biro. Lalu, seperti apa contoh dari kinerja agen perjalanan tersebut?

Liburan ke suatu tempat memang perlu direncanakan masak-masak. Rencana yang matang setidaknya bisa meminimalkan hal-hal yang tidak diinginkan. Makanya, liburan masih tetap berkesan, atau lebih menyenangkan dibandingkan yang tidak terencana.

Rencana liburan ini harus difikirkan jauh-jauh hari. Pertimbangan tentang destinasi wisata, sarana transportasi sampai akomodasi wajib dilakukan. Ketika Anda telah mempertimbangkannya, liburan akan lebih bermakna.

Sejauh ini, Agen perjalanan wisata membantu banyak hal dalam merencanakan liburan Anda. Kesemuanya telah diatur sedemikian rupa untuk membuat Anda lebih nyaman di dalam perjalanan. Bantuan ini bisa Anda maksimalkan.

Pengertian Dari Agen Perjalanan Wisata

Perlu Anda pahami jika agen ini berbeda dengan biro. Ini bisa dilihat dari pengertian/definisi dari badan usaha tersebut.

Pengertian agen perjalanan wisata adalah sebuah badan usaha yang menjadi perantara dalam menyediakan layanan perjalanan seseorang. Layanan ini mencakup penyediaan tiket maskapai penerbangan, penyewaan kendaraan, paket wisata, asuransi perjalanan, sampai akomodasi.

Segala jenis produk yang ada dalam dunia pariwisata ditawarkan oleh agen. Tapi seorang agen bukanlah seorang pemilik produk. Melainkan sebagai penjual produk pada masyarakat yang membutuhkannya.

Fungsi Dari Agen Perjalanan Wisata

Sebagai perantara/penjual, tentu saja agen ini memiliki tanggung jawab yang lebih kecil dibandingkan pemilik produk. Di sini, pemilik produk adalah perusahaan yang menaunginya. Contohnya adalah biro perjalanan.

Biro perjalanan sendiri yang menangani seluruh layanan untuk pariwisata. Badan usaha ini telah menjalin kerjasama dengan sejumlah perusahaan. Mulai dari perusahaan yang berhubungan dengan sarana transportasi, sampai akomodasi seperti hotel dan lain sebagainya.

Dari kerjasama ini, biro akan menciptakan sebuah paket. Paket inilah yang biasanya ditawarkan oleh agen perjalanan. Tentunya diambil dari biro, dan ditawarkan pada traveler yang ingin jalan-jalan ke suatu tempat.

Jika dilihat dari gambarannya, fungsi agen perjalanan wisata ini tak lain adalah sebagai penjual layanan yang berhubungan dengan perjalanan. Seorang agen akan menawarkan paket beserta asuransi perjalanan kepada para pelanggannya.

Selain itu, seorang agen juga akan membantu dalam merencanakan perjalanan traveler. Rencana ini dijelaskan dalam bentuk paket perjalanan wisata. Misalnya di satu kota, agen akan menawarkan sejumlah tempat wisata yang akan dikunjungi traveler dalam satu hari.

Contoh Dari Perusahaan Agen Perjalanan Wisata

Sebenarnya, contoh perusahaan agen perjalanan wisata ini sangatlah banyak. Anda bisa menemukannya dengan mudah di internet. Di sana, informasi mengenai perusahaan tersebut bertebaran. Hanya saja, pastikan untuk memilih agen yang telah terdaftar agar Anda tidak kecewa.

Di sini, kami hanya akan tunjukkan contoh kinerja dari seorang agen perjalanan saja. Ilustrasinya ini setidaknya bisa menjelaskan rasa penasaran Anda terkait agen.

Misalnya Anda ingin liburan ke Bali. Di sini, agen perjalanan tentunya telah memiliki produk yang didapatkan dari biro perjalanan. Paketnya bisa berupa perjalanan satu hari, 2 hari, sampai 3 hari dua malam.

Paket tersebut sudah dilengkapi dengan sarana transportasi, tour guide serta penginapan. Kesemuanya telah disediakan di dalamnya. Dan paket ini dijual dengan harga yang sudah direncanakan dari awal.

Ketika Anda tidak ingin repot-repot mengatur seluruh perjalanan, maka membeli paket yang disediakan agen jauh lebih masuk akal. Setidaknya, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya yang sudah dijelaskan. Sisanya, Anda tinggal menikmati perjalanan tanpa beban lantaran diantar jemput ke lokasi tujuan.

Kesimpulannya, agen perjalanan hanya bertindak sebagai perantara atau penjual produk di dunia pariwisata. Layanan yang dijual ini sangat beragam. Makanya, cermati dulu paket sebelum membelinya dari Agen perjalanan wisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *