10 Gunung Tertinggi Di Indonesia Dengan Ketinggian Di Atas 3000 Mdpl

kegiatan pendakian gunung

Gunung tertinggi di Indonesia

Gunung tertinggi di Indonesia cukuplah banyak. Para pendaki berpengalaman tentunya memiliki niatan untuk menaklukkkanya. Terutama untuk mengetahui seberapa besar keberaniannya dalam bertandang ke pegunungan.

Mendaki sudah menjadi aktifitas umum di tengah-tengah masyarakat. Hampir setiap musim, gunung selalu menjadi tempat spesial. Alasannya adalah gunung bisa memberikan warna sendiri. Bahkan bisa memberikan ketentraman.

Penggiat alam biasanya akan rutin mengagendakan perjalanan ke puncak sebuah gunung. Setidaknya, satu bulan sekali akan melakukannya. Entah itu untuk sekedar mendaki, atau untuk berpartisipasi dalam penghijauan gunung.

Di sini, kami tidak mengulas tentang itu semua. Hanya saja, kami akan mengulas beberapa gunung tertinggi yang berada di Indonesia. Yuk cari tahu, siapa tahu Anda mungkin ingin atau pernah mendakinya.

  1. Puncak Jaya

Puncak tertinggi di Indonesia ada di kawasan Papua. Namanya Puncak Jaya, atau dikenal juga dengan Puncak Carstenz.

Ketinggian puncak Jaya ini sekitar 4.884 mdpl. Cuma pendaki professional dan berduit yang menyempatkan untuk mendaki di sini. Soalnya, butuh biaya sampai puluhan juta untuk sekali mendaki.

  1. Puncak Mandala

Masih di kawasan Papua, tepatnya di areanya puncak Jaya. Namanya adalah Puncak Mandala.

Ketinggiannya mencapai 4.760 mdpl. Tidak sembarang orang bisa menaklukkannya. Selain medannya yang sangat aduhai, biayanya juga bikin kantong bobol.

  1. Puncak Trikora

Puncak yang tak kalah tingginya adalah Trikora. Puncak Trikora juga masih berada di kawasan Papua. Ketinggiannya sekitar 4.750 mdpl, melengkapi gunung tertinggi Indonesia yang letaknya ada di Papua.

  1. Ngga Pilimsit

Ngga Pilimsit juga termasuk puncak tertinggi yang ada di nusantara. Sebutan lain dari puncak ini adalah Mount Idenberg. Ketinggiannya mencapai 4.717 mdpl, lokasinya berada di Papua.

  1. Puncak Gunung Kerinci

Melipir ke Sumatera, gunung tertinggi selanjutnya adalah Gunung Kerinci. Biaya untuk kesana sama mahalnya.

Kerinci ini juga dikenal dengan sebutan Peak of Indrapura. Gunung ini termasuk gunung berapi tertinggi di nusantara. Ketinggiannya mencapai 3.805 mdpl.

  1. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani sangat populer di kalangan pendaki. Ini termasuk gunung berapi. Memiliki kawah yang menjadi pembeda dari gunung lainnya.

Gunung ini berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Untuk ketinggiannya sendiri, puncak gunung ini di kisaran 3.726 mdpl.

  1. Puncak Mahameru

Mahameru adalah puncak tertinggi yang ada di pulau Jawa. Lokasinya berada di Jawa Timur. Yakni di area taman nasional Semeru.

Kepopuleran gunung ini cukup terasa saat ada sebuah film yang mengisahkan tentang pendakian di gunung tersebut. Ketinggiannya sendiri mencapai 3.676 mdpl.

  1. Gunung Sanggar

Urutan selanjutnya kembali ke Lombok, NTB. Namanya adalah gunung Sanggar. Gunung ini menempati posisi ke-8 pada urutan daftar gunung tertinggi di Indonesia di ulasan ini. Ketinggiannya sekitar 3.564 mdpl.

  1. Gunung Rantemario

Cukup asing ya namanya, gunung Rantermario. Namun bagi pendaki, tentu sudah banyak mengenal nama gunung ini. Malahan pernah menjajal sampai puncaknya.

Letak gunung Rantemario ini ada di Sulawesi Selatan. Ketinggiannya sekitar 3.478 mdpl. Jadi, kalau mau mendaki ke sana bagi yang berasal dari pulau Jawa, baiknya istirahat dulu di penginapan sebelum akhirnya memulai pendakian.

  • Gunung Slamet

Urutan kesepuluh dari gunung tertinggi Indonesia jatuh pada Gunung Slamet. Gunung ini letaknya berada di Jawa Tengah. Gunung ini juga menyimpan cerita mistis. Jadi, pendaki disarankan untuk bertamu dengan sopan.

Gunung ini juga termasuk gunung berapi. Memiliki ketinggian sekitar 3.428 mdpl. Ketinggian yang sangat cukup untuk menguras energi para pendaki.

Itulah 10 daftar gunung tertinggi di Indonesia yang mana bisa melengkapi informasi yang Anda butuhkan. Sadar jika gunung tersebut sangat tinggi, maka persiapkan secara matang kalau berencana untuk melakukan pendakian.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*