Daftar Gunung yang Ada di Jawa Tengah Favorit Pendaki

Gunung yang ada di jawa tengah tentu banyak sekali. Namun hanya ada beberapa gunung yang menjadi favorit pendaki. Karena memang gunung di jawa tengah ini menyimpan keindahan alam yang nyata. Yang terpenting, jalur pendakiannya sudah banyak yang dikenal.

Kegiatan naik gunung saat ini makin digemari, khususnya buat kalangan muda. Terbukti dengan banyaknya pendaki baru, atau komunitas baru pendakian.

Menariknya, komunitas baru pecinta hiking ini bermunculan di setiap daerah. Malahan telah ada wadah lokal yang mempertemukan sesama pecinta hiking.

Di situ, banyak pengalaman dibagikan, khususnya buat yang baru menjejakkan kakinya di dunia petualangan alam.

Ini merupakan bekal bagus, bahkan pelajaran berharga yang bakalan menambah pengalaman buat pendaki baru.

Kembali pada gunung yang ada di jateng. Setidaknya ada 11 gunung di jawa tengah yang menjadi favorit buat anak gunung. Baik itu pendaki lokal ataupun pendaki mancanegara.

Nah, buat sobat pendaki yang mau mencari pengalaman baru, mari simak gunung di jateng di bawah ini!

Gunung yang Ada di Jawa Tengah untuk Pemula

Buat yang baru berencana untuk naik gunung pertama kali, cukup pastikan memilih gunung dengan ketinggian rendah atau sedang saja. Kalau sudah terbiasa naik gunung, baru di lain kesempatan menjajal gunung yang lebih tinggi.

Bukan karena apa-apa, atau meremehkan. Menaklukkan puncak gunung itu butuh usaha ekstra. Kondisi tubuh harusnya lebih sehat, punya stamina yang kuat.

Kalau yang belum terbiasa, pastinya akan sulit menjangkau lokasinya. Kalaupun bisa, butuh waktu yang lama. Dan ini yang menjadi penghambat.

Nah, buat pendaki perdana, gunung di jawa tengah yang cocok untuk ditaklukkan adalah sebagai berikut ini.

  • Gunung Andong

Gunung andong ini bisa dicoba pertama kali. Lokasinya berada di Magelang. Kenapa harus gunung andong?

Sebenarnya ini berangkat pada ketinggiannya. Tingginya tidak terlalu, dan cocok buat pendaki pemula. Untuk tinggi puncaknya sekitar 1.726 mdpl.

Walaupun terbilang rendah, tapi pemandangan dari puncak gunung ini sangatlah menarik.

Contohnya adalah bisa melihat keindahan gunung merbabu, kemudian triple S.

  • Gunung Telomoyo

Kalau tidak di gunung andong, Gunung Telomoyo juga sudah cukup. Ketinggiannya lebih besar sedikit dari gunung yang pertama.

Betapa tidak, ketinggian maksimalnya sekitar 1.894 mdpl. Letaknya berada di antara semarang dan magelang.

Untuk keindahannya sendiri, sobat pendaki bisa menjumpai keindahan gunung lain dari puncaknya seperti andong, sumbing, merbabu dan gunung-gunung lainnya.

Menariknya lagi, sobat pendaki bisa mencapai puncaknya tanpa melakukan pendakian yang berat. Karena sobat bisa langsung ke puncaknya menggunakan kendaraan.

Tapi kalau menggunakan kendaraan, tentu itu bukan mendaki, melainkan berkendara bukan?

  • Gunung Ungaran

Pegunungan favorit lain bagi pendaki adalah gunung ungaran. Ini merupakan gunung yang paling sering ditaklukkan, khususnya buat yang berdomisili di semarang.

Untuk ketinggiannya, gunung ungaran ini punya ketinggian mencapai 2050 mdpl. Cukup tinggi dibanding yang sebelumnya.

Mengenai kegiatan yang bisa sobat lakukan adalah camping ria. Menariknya lagi, ada 3 tempat/puncak yang bisa dikunjungi, yaitu ungaran, botak dan Gendol.

  • Puncak 29 kudus

Puncak songolikur (29) menjadi salah satu favorit pendakian yang ada di jawa tengah. Tepatnya berada di kabupaten kudus.

Memang puncak ini bukan salah satu puncak terkenal di indonesia, tapi buat yang berdomisili di pati, jepara dan kudus, puncak ini sangat terkenal.

Tak heran kalau puncak 29 kudus ini menjadi salah satu pilihan untuk ditaklukkan. Apalagi buat pemula.

Untuk ketinggiannya sendiri hanya berkisar 1602 mdpl. Itu cukup buat pendaki yang baru pertama kali memulai petualangan di alam.

Gunung Yang Ada Di Jawa Tengah Buat Yang Berpengalaman

Sensasi menaklukkan gunung memang tiada duanya. Makanya, banyak yang ketagihan kalau pernah naik gunung sampai puncaknya.

Yang paling berkesan tentu saja menaklukkan gunung tertinggi di jawa. Sebut saja Semeru yang mana tersohor sebagai puncak tertinggi di pulau jawa.

Sementara di jawa tengah sendiri, tentu saja ada satu puncak gunung yang paling tinggi diantara yang lainnya. Dan ini bisa dilihat di bawah ini!

  • Gunung Lawu

Diantara gunung yang paling banyak didaki komunitas pecinta alam adalah gunung lawu ini. Terbukti dengan banyaknya pos-pos yang difasilitasi dengan warung atau tempat mengisi perut.

Yang mengokohkannya, gunung lawu ini banyak diziarahi ketika tepat di tanggal 1 Syuro penanggalan jawa.

Untuk lokasinya berada di antara jawa tengah dan jawa timur. Sementara ketinggian puncaknya mencapai 3265 mdpl.

  • Gunung merapi

Siapa sih yang tidak kenal dengan gunung merapi ini? Hampir setiap orang tahu/kenal gunung ini.

Gunung tersebut berada di perbatasan jateng dan DIY. Dan menjadi salah satu gunung yang masih aktif.

Dulunya ada sebuah tempat yang menjadi daya tarik pendaki. Yakni puncak garuda. Hanya saja setelah terjadi erupsi, puncak ini luluh lantah.

Walaupun begitu, tetap saja banyak pendaki yang berminat. Bahkan menjadi salah satu gunung yang pantas untuk ditaklukkan.

Untuk ketinggian dari gunung merapi sendiri sekitar 2930 mdpl. Cukup tinggi, dan pastinya memakan waktu yang lama untuk mencapai puncaknya. Sumber bisa dilihat di sini.

  • Gunung Merbabu

Keindahan bunga edelweis adalah salah satu yang menjadi daya tarik pecinta hiking. Serta pemandangan indah pegunungan lain bisa kelihatan dari puncaknya.

Gunung merbabu ini lokasinya di antara Boyolali, magelang, semarang dan salatiga. Sementara puncaknya sendiri sekitar 3145 mdpl.

  • Gunung Prau

gunung yang ada di jawa tengah prau

Keindahan gunung prau ini memang tidak bisa diragukan lagi. Malahan bisa dikatakan sebagai gunung tercantik yang ada di jawa.

Terbukti dengan adanya perbukitan yang biasa dikenal dengan bukit teletubies. Yakni sebuah bukit yang menawarkan keindahan padang rumput yang begitu cantiknya.

Bagian paling menariknya tidak hanya itu saja, tapi ketinggiannya yang terbilang cukup. Yakni tidak sampai 3000 mdpl. Makanya, banyak komunitas pecinta hiking selalu menyempatkan waktu untuk datang di gunung prau ini.

  • Gunung Sumbing

Favorit lain gunung yang banyak ditaklukkan pendaki adalah gunung sumbing. Ketinggiannya mencapai 3371 mdpl.

Gunung ini merupakan salah satu gunung yang dijuluki dengan triple S. Di sini, akan nampak sebuah pemandangan alam yang juga menakjubkan.

  • Gunung Sindoro

Naik gunung sindoro tentu pengalaman yang menyenangkan. Betapa tidak, setiap pendaki bisa melihat keindahan padang sabana yang ditumbuhi bunga edelweis.

Dan gunung ini juga bagian dari Triple S, dengan ketinggian mencapai 3150 mdpl. Biasanya pendaki butuh waktu sekitar 6 jam untuk sampai di puncaknya.

  • Gunung Slamet

Diantara gunung gunung yang ada di jateng ini, gunung slamet menjadi gunung tertinggi di jawa tengah. Sementara untuk di pulau jawa, statusnya hanya kalah dengan gunung semeru yang ada di jawa timur.

Untuk ketinggian dari gunung slamet ini sekitar 3432 mdpl. Puncak tertinggi yang ada di jateng. Makanya tak heran kalau banyak pendaki yang mau menaklukkan gunung tersebut.

Dan gunung ini juga termasuk dalam gunung yang masih aktif di nusantara. Jadi, pendaki wajib berhati-hati ketika mau menaklukkan gunung slamet ini.

Sebenarnya masih banyak lagi gunung yang biasa di daki. Hanya saja, gunung yang disebutkan di ataslah yang paling sering didaki (menjadi favorit buat pendaki).

Buat sobat yang suka petualangan di alam, sobat bisa taklukkan satu persatu Gunung yang ada di jawa tengah ini dulu. Baru gunung yang ada di kawasan lainnya. Tapi harus diingat, ajaklah yang sudah berpengalaman agar kegiatan naik gunung lebih aman. Karena jalur pendakian sudah dikenal.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *