Gunung Tertinggi di Jawa Barat yang Perlu Ditaklukkan

Gunung tertinggi di jawa barat. Sudahkah sobat menaklukkan salah satunya? Puncak tertinggi di jawa barat ini menarik lo, sajian pemandangan alam mempesona khas nusantara. Cocok buat pecinta alam seperti sobat pendaki.

Seperti yang sobat AM (ALATMENDAKI) ketahui, jawa barat sendiri merupakan propinsi yang menyajikan keelokan alam yang tiada duanya. Sobat pendaki tidak akan pernah lupa kenangan indah yang bakalan didapatkan kalau pernah di puncaknya.

Bentang alam yang mempesona terlihat dari puncaknya. Dan sebelumnya, sajian pepohonan hijau asri menyambut kedatangan sobat yang mau menaklukkan puncaknya. Menarik bukan?

Nah, buat sobat yang masih penasaran, jangan lupa buat daftar kunjungan ke puncak tertinggi di jabar ini. Kami sajikan pegunungan tertinggi berdasarkan dimana letak gunungnya di bawah ini untuk memudahkan sobat. Jadi, langsung saja ke TKP.

Gunung Tertinggi di Jawa Barat (Bandung)

Kalau dengar Bandung, pastinya sudah banyak gambarannya. Paling sering tentunya cowok dan ceweknya kece-kece.

Tapi bukan itu lo yang dibahas. Tapi pegunungannya. Gunung yang asri, tawarkan keindahan alam yang mempesona adalah tujuan kunjungan sobat.

Pegunungan yang siap untuk ditaklukkan di kawasan bandung ini adalah gunung patuha. Gunung ini letaknya di kawasan bandung selatan, tepatnya di Ciwidey.

Keindahan yang disajikan adalah kawah berdinding yang berwarna putih. Dan kawah ini awalnya terbentuk dari letusan gunung tersebut. Biasa juga dijadikan sebagai kawasan wisata.

Tak hanya sebatas kawah putih saja, namun masih banyak tempat menarik yang bisa dilihat/dikunjungi. Contohnya adalah hutan gunung, hutan montane dan masih banyak lagi.

Untuk ketinggian dari gunung patuha sendiri terbilang cukup. Yakni sekitar 2386 mdpl.

Selain gunung patuha, ada juga gunung Malabar. Gunung ini sangat identik dengan perkebunan teh. Jadi, sobat pendaki akan melihat keeksotisan jajaran perkebunan teh yang luas.

Kemudian ada juga depterokap bukit dan masih banyak lagi. Semua kawasan ini sangat menyegarkan fikiran, dan cocok buat sobat yang suka petualangan di alam.

Untuk lokasinya jelas berada di kawasan Bandung. Tepatnya berada di Banjaran. Dan gunung ini termasuk gunung tertinggi ketujuh yang ada di jawa barat dengan ketinggian puncak sekitar 2343 mdpl.

Gunung Tertinggi di Jawa Barat (Garut)

Selain Bandung, Garut juga menyajikan sejumlah gunung tinggi yang siap untuk sobat daki. Salah satunya adalah Gunung Papandayan yang memiliki ketinggian mencapai 2665 mdpl.

Gunung yang satu ini masuk urutan kelima tertinggi di jawa barat. Dan lokasi tepatnya berada di Cisurupan.

Perlu diingat, keindahan gunung papandayan ini bukan terletak pada puncaknya. Melainkan berada di hutan mati, kawah, tegal alun dan pondok seladah. Tepatnya ketika sobat sudah mendaki sampai 2200 mdpl.

Kemudian gunung kedua yang berada di Garut adalah gunung cikuray. Ketinggiannya mencapai 2818 mdpl.

gunung tertinggi di jawa barat

Gunung ini cukup menantang buat pendaki. Pasalnya, track-tracknya cukup menantang. Punya karakteristik sendiri-sendiri sehingga wajib buat pendaki untuk berhati-hati selama menaiki gunung cikuray ini.

Ketiga adalah gunung Guntur. Gunung Guntur ini biasa dikenal dengan miniaturnya gunung semeru. Karena jalur pendakiannya yang mirip dengan yang ditemui di semeru. Hanya saja ketinggiannya yang lebih rendah yaitu sekitar 2248 mdpl.

Untuk karakteristik tracknya, gunung ini menyajikan padang savanna, kemudian bebatuan sampai pasir. Tapi enaknya, jalur pendakiannya sudah tertata dengan rapi.

Gunung Tertinggi di Jawa Barat (Bogor)

Nah, buat yang biasa di bogor, sobat bisa langsung periksa sejumlah gunung yang masuk kategori gunung unggulan untuk ditaklukkan puncaknya.

Pertama kalinya adalah gunung parangro yang punya ketinggian mencapai 3019 mdpl. Gunung ini masuk urutan kedua dari puncak tertinggi yang ada di jawa barat.

Puncaknya gunung ini biasa dikenal dengan sebutan puncak Mandalawangi. Dan di sini sobat bisa berkunjung di lembah mandalawangi dengan menuruni puncaknya sekitar 15 menitan.

Di lembah tersebut, sobat bisa temukan keindahan bunga abadi edelweiss yang berjejer rapinya. Pastinya akan sangat menyegarkan mata.

Kedua adalah gunung gede. Ketinggian puncaknya sekitar 2958 mdpl. Gunung ini bersebelahan dengan gunung parangro.

Mengenai keindahan gunung gede ini adalah terhamparnya kota bogor dari puncak gunung. Bahkan yang paling menarik adalah ditemukannya sejumlah spesies burung hampir ratusan jenis.

Malahan di gunung ini, sobat bisa melihat elang jawa yang hampir punah. Tentu jika sobat beruntung pasti akan melihatnya.

Selain itu, daya tarik dari gunung gede ini adalah hamparan lahan yang ditumbuhi bunga edelweiss, telaga biru, kandang badak, kandang batu, kemudian air terjun dan masih banyak lagi.

Sementara yang ketiga adalah gunung salak. Gunung ini sebenarnya dimiliki sukabumi dan bogor. Ketinggian puncaknya dikisaran 2211 mdpl. Pastinya cukup tinggi untuk didaki.

Nama gunung ini diambil dari bahasa sansekerta yaitu salaka yang berarti perak. Entah apa maksudnya, tapi mungkin ini ada rahasia dibalik keindahan gunung salak tersebut.

Di gunung ini terdapat 3 puncak. Yaitu puncak utama, puncak kedua serta puncak sumbul yang tingginya hanya berkisar 1926 mdpl.

Namun jangan anggap remeh juga, karena track menuju puncak gunung salak ini terbilang menyulitkan. Medannya yang terjal menjadikan gunung ini semakin menantang.

Dan di dunia penerbangan, gunung ini termasuk gunung yang harus dihindari untuk dilewati. Entah itu benar atau tidak, yang pasti gunung ini pernah menjadi tempat jatuhnya pesawat yang menelan sejumlah korban.

Gunung Tertinggi di Jawa Barat (Cirebon, Kuningan, Majalengka)

Gunung yang letaknya berada di tiga kabupaten tersebut adalah Gunung Ciremai (Ceremei). Gunung ini merupakan gunung tertinggi di jawa barat dengan ketinggian maksimal sekitar 3078 mdpl.

Gunung ini punya keunikan sendiri, yakni memiliki dua kawah yang terpotong di barat dan timur. Perpotongan ini sekitar 400-600 radius meter.

Selama perjalanan, sobat bisa menjumpai kawasan yang dinamakan dengan Gowa Walet. Kawasan ini merupakan sebuah kawasan di bagian lereng selatan yang merupakan bekas dari letusan gunung.

Di gunung ini tersimpan sebuah sejarah masa lampau. Sejarah menceritakan sebuah nama yakni nyi Linggi.

Nyi linggi ini adalah seseorang yang belajar ilmu kedigdayaan. Untuk mempertebal ilmunya, dirinya meneruskan pertapaan di tempat pertapaannya Sunan Gunung Jati di Batulingga.

Konon ceritanya, Nyi Linggi ini bertapa ditemani dengan 2 macan tutul. Dan nyi linggi ini melanjutkan pertapaannya sampai akhirnya meninggal di Batulinggi tersebut.

Dari omongan banyak pendaki, sosok nyi linggi sampai saat ini banyak dijumpai. Termasuk dengan 2 macan tutulnya yang terus bersamanya.

Nah, buat sobat yang mendaki di gunung ciremai ini, jangan lupa untuk jaga diri dengan menjaga aturan yang berlaku. Jangan sampai melanggarnya karena bisa berujung hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah informasi terkait gunung tertinggi di jawa barat. Jika sobat punya passion tinggi untuk berpetualang di alam, sobat bisa taklukkan gunung / bukit yang ada di jawa barat tersebut. Tapi sebelumnya, siapkan perlengkapan naik gunung yang dibutuhkan semisal tenda, alat mendaki dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *