Fenomena Banjir Gunung Bromo Dianggap Sebagai Hal Yang Biasa

Mobil Saat Banjir Terjadi di Area Gunung Bromo

Baru-baru ini, netizen dikejutkan dengan munculnya banjir gunung bromo. Fenomena tak biasa ini menyita banyak perhatian. Bahkan fenomena ini dijadikan sebagai bagian dari fenomena yang unik, pantas untuk dikenang.

Bromo merupakan salah satu destinasi wisata tesohor di Indonesia. Hamparan pasir yang sangat luas sangat memanjakan mata. Tak mengherankan jika destinasi wisata ini sepanjang tahun selalu memperoleh kunjungan dari para wisatawan.

Bukan hanya wisatawan lokal saja, tapi juga wisatawan asing. Ada yang datang untuk berwisata saja. Ada juga yang datang untuk melepas kerinduan atas pegunungan. Yakni dengan melakukan pendakian ke gunung tertinggi di Jawa, Mahameru.

Baru-baru ini, warga di nusantara dikejutkan dengan munculnya fenomena misterius. Derasnya air membelah lautan pasir yang membuat warga menjadi geger. Beberapa kendaraan tidak bisa melewati kawasan tersebut.

Banjir bromo ini diakibatkan oleh intensitas curah hujan yang sangat tinggi. Diberitakan sebelumnya kalau hujan terjadi selama kurang lebih 4 jam. Durasi yang panjang dan derasnya hujan membuat tempat sekitar teraliri air cukup deras seperti sungai.

Menurut Sutopo (Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana) menjelaskan kalau kejadian tersebut memang akan terjadi bila hujannya sangat deras dan lama. Dan kenyataannya, apa yang dikatakan oleh Sutopo sesuai dengan fakta yang terjadi di sekitar Bromo sebelumnya.

Sutopo juga menjelaskan kalau sungai yang terbentuk menjadi lautan pasir bromo ini berasal dari guyuran air dari Pasuruan. Dirinya juga memastikan jika kejadian tersebut sudah menjadi hal yang sangat biasa.

Tiap tahun, fenomena ini bisa saja muncul sekitar 2-3 kali. Tergantung intensitas hujan yang ada di sekitarnya.

Meskipun begitu, banjir yang terjadi di area Bromo ini akan segera surut. Hal ini disebabkan oleh meresapnya air ke dalam pasir. Hanya saja, para pengunjung diminta untuk tetap berhati-hati.

Setidaknya, menjaga keselamatan jauh lebih baik. Karena sejauh ini, hujan masih terus berlangsung. Yang artinya, potensi terjadinya banjir gunung bromo masih sangat besar. Nah, bagi yang mengagendakan ke Bromo, pastikan untuk mempersiapkan secara matang agar kedatangan Anda lebih berkesan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*