4 Perlengkapan Mendaki Kelompok Yang Tidak Boleh Dilupakan

Maksud dari Perlengkapan Mendaki kelompok itu sejumlah peralatan wajib yang harus dibawa oleh setiap kelompok pendakian. Bukan dibawa secara perorangan. Berhubung sifatnya wajib, mau tidak mau salah satu anggotanya sebaiknya membawanya.

Mendaki gunung dengan banyak rekan tentu sangat menyenangkan. Selain bisa meringankan pendakian dengan sejumlah candaan, juga meringankan beban ketika membawa barang ataupun ketika terjadi sesuatu di dalam perjalanan.

Bagi pemula, disarankan untuk ikut kelompok yang sudah berpengalaman. Setidaknya pemula bisa belajar banyak dari senior yang sudah melanglang di dunia pendakian.

Salah satu pelajaran yang bakalan didapatkan adalah rute pendakian, bagaimana bertahan hidup saat di perjalanan dan lain sebagainya.

Tak hanya itu saja, pemula juga akan lebih tahu apa saja peralatan wajib pendakian yang harus dibawa. Baik itu peralatan pribadi ataupun peralatan kelompok.

Untuk perlengkapan pribadi sebenarnya sudah diulas sebelumnya. Tapi bagi yang belum tahu, silahkan intip di peralatan pendakian pribadi ini. Kalau sudah tahu, langsung saja simak ulasan terkait perlengkapan kelompok di bawah ini.

Tenda Berbagai Ukuran

Ketika berpetualang di alam bebas, kecil kemungkinan adanya tempat berteduh atau tempat bermalam. Benar bukan?

Tempat perlindungan bukan di bawah batu atau pepohononan. Itu beresiko, kecuali memang sudah terjadi. Kami harap tidak berada di kondisi seperti ini.

Inilah pentingnya membawa tenda. Tenda di sini dijadikan sebagai tempat berteduh, bahkan tempat bermalam yang pas. Terutama jika Anda melakukan pendakian selama beberapa hari.

Faktanya, pendakian bisa berlangsung beberapa hari. Makanya, wajib bagi Anda yang melakukan pendakian untuk terus membawa tenda.

Dan ada baiknya perhitungkan kembali tenda yang akan dibawa. Setidaknya tenda tersebut bisa digunakan oleh semua anggota. Jadi, jumlah serta ukurannya juga harus diperhitungkan secara matang.

Peralatan Masak Memasak

Pendakian tentu akan memakan banyak waktu, bahkan juga akan menghabiskan energi. Stamina yang kuat jelas dibutuhkan.

Dan energi dari setiap pendaki tentu saja terkuras, terutama ketika jalur yang ditempuh menanjak dan lebih jauh.

Selain istirahat, suplay energi didapatkan dari makanan. Biasanya makanan seperti mie instan, ataupun minuman seperti jahe dan kopi dibawa oleh pendaki. Lalu bagaimana cara memasaknya?

Tentu saja dengan peralatan yang sudah dibawa. Jika tidak membawa, maka ngopi atau makan perbekalan yang perlu dimasak jelas tidak akan bisa dilakukan.

Ini cenderung memprihatinkan. Kenapa? Karena setiap pendaki butuh supplay energi dengan mengisi perut di setiap kali istirahat di tempat-tempat yang biasa digunakan istirahat.

Peralatan Untuk Navigasi

Peralatan navigasi juga wajib dibawa selama berpetualang di pegunungan. Peralatan ini bisa meminimalisir terjebaknya atau tersesatnya pendaki.

Setidaknya kompas perlu dibawa. Hal ini penting ketimbang smartphone yang terkadang tidak memberikan performa baik akibat minim signal.

Intinya, jangan abaikan keselamatan Anda selama melakukan pendakian. Salah satunya adalah dengan melengkapi diri dengan membawa peralatan navigasi yang akan membantu dalam menemukan arah menuju puncak, dan menemukan jalan kembali ke rumah.

Peralatan P3K

Peralatan yang terakhir yang wajib dibawa adalah peralatan P3K. Peralatan ini juga sangat penting, walaupun terkadang diremehkan oleh kebanyakan pendaki.

Permasalahan yang paling sering dialami selama pendakian adalah terpeleset dan terkilir. Itu adalah masalah yang bisa dibilang kecil, tapi cukup menghambat perjalanan jika tidak ditangani.

Alih-alih mau ke puncak, yang ada Anda tidak jadi melakukan pendakian akibat salah satu anggota jatuh sakit. Makanya, penting untuk menjaga keselamatan diri dengan terus membawa peralatan P3K ini.

Kesimpulannya, jangan pernah remehkan perlengkapan di atas jika ingin berpetualang di alam. Setidaknya, minimal Anda telah mempersiapkan Perlengkapan Mendaki untuk kelompok yang ada di atas tadi untuk jaga-jaga.

1 Trackback / Pingback

  1. Ga Hanya Keren, Inilah Jam Tangan Khusus Pendaki Gunung!

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*