Temukan Jalur Kembali Saat Tersesat Dengan Alat Mendaki Gunung Ini!

Alat mendaki gunung ini bisa bantu Anda yang hobi mendaki agar bisa menjangkau puncak lebih cepat, kemudian bisa kembali dengan selamat.

Di era digital seperti saat ini, bantuan alat modern ketika melakukan pendakian agaknya sangat penting. Salah satunya adalah untuk meminimkan terjebak di suatu daerah yang belum pernah diambah. Dalam artian, Anda sedang tersesat di tengah perjalanan.

Kalau tersesat kan pastinya merepotkan. Syukur kalau bisa kembali lebih cepat, kalau tidak bagaimana? Masa berhari-hari mesti muter-muter jalan, buka jalan baru dengan harapan bisa nemu jalan utama untuk balik ke jalur awal.

Nah, ada banyak alasan mengapa Anda tiba-tiba tersesat dalam perjalanan padahal sudah sering mendaki. Salah satunya adalah ketika mencoba untuk membuka jalur pendakian baru dengan alasan agar perjalanan menuju puncak lebih singkat.

Percobaan ini biasanya dilakukan oleh para pendaki yang sudah banyak makan asam garam seputar pendakian, malahan punya opsi untuk menemukan jalur terpendek.

Memilih jalur pendakian terpendek memang bagus. Selain waktunya akan lebih singkat, tenaga yang dibutuhkan juga lebih sedikit. Tapi kalau belum mengenal medannya, kemungkinan tersesat sangatlah besar.

Sama halnya ketika melakukan pendakian di saat cuaca yang tidak mendukung. Misalnya di malam hari atau saat hujan turun. Bahkan jalur pendakian biasa tidak bisa dilalui akibat berbagai masalah.

Ketika Anda terus memutuskan untuk menjangkau puncaknya, resikonya teramat besar. Anda tersesat, dan akan sangat lama untuk kembali pulang nantinya.

Selain itu, tentu saja ada banyak alasan mengapa banyak pendaki yang tersesat. Tapi kendala ini bukan menjadi soal kalau setiap pendaki punya alat khusus pendakian yang bakalan diulas di sini.

Setidaknya ada 3 jenis alat naik gunung modern yang bisa membantu pendaki agar tidak tersesat, atau membantu menemukan jalan kembali saat tersesat di hutan. Mau tahu apa saja alat modern untuk pendakian? Yuk simak peralatannya di bawah ini!

Jam Tangan Suunto Ambit3 Peak Sapphire

Satu jenis peralatan canggih yang layak untuk dimiliki setiap pendaki adalah jam tangan ini. peralatan yang satu ini didesain khusus, tampak sederhana karena hanya dilekatkan pada tangan.

Tapi jangan salah, ini bukan jam tangan biasa. Kegunannya sangatlah banyak, terutama bermanfaat ketika melakukan pendakian.

Betapa tidak, di dalam jam tangan ini tersimpan fitur sederhana seperti kompas. Yang artinya, pendaki akan tahu arah selama perjalanan.

Begitu pula dengan fitur penunjuk waktu. Di sini, fitur tersebut bisa menunjukkan Anda kapan waktu matahari terbenam, sampai waktu terbitnya.

Selain itu, fitur pemantau denyut jantung juga tersimpan di dalamnya. Jadi, pendaki akan tahu secara pasti kondisi tubuhnya selama perjalanan.

Yang paling menarik, alat mendaki ini punya sensitivitas tinggi. Yakni bisa melacak jalur pendakian yang sudah dilalui. Ini akan berguna jika pendaki tersesat, pendaki bisa kembali lagi ke jalur awal dengan menggunakan fitur trackbacknya.

Meet Earl Tablet

Perlengkapan mendaki gunung yang satu ini juga layak dimiliki. Peralatan ini juga dikenal dengan backcountry survival tablet.

Alat ini sangat membantu ketika ponsel android tidak befungsi di tengah gunung. Karena peralatan ini punya fitur seperti sensor cuaca, komunikasi radio bahkan juga GPS yang sudah terintegrasi di dalamnya.

Bisa dibayangkan sendiri kegunaan fitur yang ada di dalamnya bukan? Dan menariknya, peralatan ini sudah dibekali dengan penghemat daya. Yang artinya mampu bertahan cukup lama.

Rechargeable LED Headlamp

alat mendaki gunung picture

Satu lagi peralatan canggih untuk naik gunung adalag rechargeable LED Headlamp. Peralatan ini adalah semacam lampu yang bisa diletakkan di kepala.

Peralatan ini punya ketahanan sampai 18 jam lamanya. Bahkan bisa bertahan saat berada di dalam air sekalipun.

Ini berarti jika lampu ini bisa dimanfaatkan saat kondisi lapangan memburuk. Misalnya berkabut atau turun hujan lebat dan lain sebagainya.

Nah, lampu ini bisa diisi kembali melalu USB. Dan yang terpenting, lampu ini dibekali dengan lampu SOS Strobe yang nantinya akan berguna saat berada di kondisi darurat.

Untuk kelengkapannya, jangan lupa pula perlengkapan mendaki ini sebagai pelengkap keselamatan jiwa selama berpetualangan di alam.

Ketiga jenis peralatan ini memang harganya agak mahal, tapi manfaatnya sangat berharga buat menjaga keselamatan saat mendaki. Jadi, tertarik untuk memiliki alat mendaki gunung canggih tersebut?

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*