Perlengkapan Mendaki Ini Bisa Dipersiapkan Untuk Menjaga Keselamatan

merangkak di lereng gunung

Untuk jaga keselamatan, Perlengkapan mendaki tidak hanya sebatas peralatan navigasi saja, tapi masih ada banyak lagi.

Persiapan matang penting dilakukan setia pendaki. Persiapan itu meliputi persiapan fisik, kemudian peralatan yang sesuai.

Secara umum, fisik bisa ditingkatkan dengan rajin olahraga. Misalnya jalan kaki atau sepeda dan lain sebagainya. Intinya olahraga dimaksudkan untuk melatih seluruh otot, khususnya kaki yang menjadi tumpuan utama ketika mendaki nantinya.

Sementara untuk urusan peralatan, selain kompas dan peralatan kesehatan, masih ada sejumlah perlengkapan pendakian yang juga harus dibawa. Ini sebaiknya dibawa oleh setiap pendaki untuk tujuan jaga-jaga bila cuaca / kondisi alam tidak memungkinkan.

Akan jauh lebih baik melakukan tindakan antisipasi ketimbang tidak sama sekali bukan? Makanya, perlengkapan berikut juga harus dibawa.

Pertama, Jaket Hangat

Kondisi pegunungan terkadang tidak menentu. Normalnya akan dingin, bahkan bisa lebih dingin ketika malam hari.

Menggunakan kaos / pakaian biasa tentu saja kurang baik. Karena ada potensi mengalami masalah kedinginan yang bisa menghentikan proses pendakian.

Untuk menghindari kendala demikian, disarankan untuk mengenakan jaket. Jaket yang sebaiknya digunakan adalah yang bisa menghangatkan tubuh. Karena bila tubuh hangat, maka kondisi tubuh akan jauh lebih bagus, dan sangat bersahabat untuk melakukan pendakian.

Kedua, Jas Hujan

Hujan di pegunungan biasanya tidak bisa diprediksi. Tau-tau setelah berada di tengah perjalanan akan muncul air hujan. Parahnya, terkadang hujan yang turun begitu deras.

Syukur bila berada dekat tempat berteduh. Bagaimana jika tidak? Tentu saja, mau tidak mau Anda harus hujan-hujanan. Kondisi ini tentu bisa menghalangi rencana awal untuk mencapai puncak gunung.

Agar hujan ini bukan menjadi penghalang, amat baik jika Anda juga membawa jas hujan. Toh membawanya tidaklah memberatkan.

Ketiga, Sleeping Bag

Sleeping bag atau kantong tidur juga merupakan perlengkapan yang sebaiknya dibawa. Bawalah perlengkapan ini untuk menghangatkan tubuh ketika istirahat.

Bukankah sudah ada tenda? Faktanya, tenda tidak bisa menghangatkan tubuh dengan sempurna. Terkadang dingin pegunungan tetap akan menusuk sehingga Anda butuh penghangat lain seperti sleeping bag.

Hanya saja, kantong tidur ini tetap bisa digantikan dengan perlengkapan lain. Contohnya adalah selimut tebal dengan jaket dan lain sebagainya untuk penghangat tubuh.

Keempat, Sarung Tangan Dan Decker

Ketika Anda mulai melihat puncak gunung, kedua perlengkapan ini akan sangat berguna. Tentu saja untuk membantu di perjalanan.

Untuk sarung tangan sendiri, Anda akan terbantu ketika mau merangkak ke atas puncak gunung. Bahkan bisa meminimalisir terjadinya goresan pada tangan.

Normalnya, sarung tangan akan sangat membantu di kondisi yang sangat berat. Contohnya adalah bila kondisi lapangan yang berbatu.

Sementara decker sendiri menjadi pelengkap. Dikenakan di bagian lutut kaki yang berguna untuk mempertahankan kekuatan kaki. Atau lebih jelasnya membantu dalam mengurangi beban lutut saat mendaki.

Yang paling menarik tentunya decker bisa meminimkan kemungkinan cedera pada bagian lutut kaki. Dengan kata lain, perlengkapan ini cukuplah bermanfaat ketika dikenakan.

Perlengkapan ini khusus dibawa sendiri. Jadi, bukan untuk salah satu anggota saja. Kalau untuk kelompok, perlengkahan wajibnya bisa ditengok di perlengkapan mendaki kelompok ini.

Kelima, Kantong Sampah Ukuran Besar

Sebagai pecinta lingkungan, Anda ga mau mencemari atau membuat gunung yang asri penuh dengan sampah?

Ketika mengkonsumsi makanan seperti mie instan, roti atau semacamnya, jangan lupa untuk membuang sampahnya ke dalam kantong sampah yang sudah dibawa.

Kalau sudah, bawa turun kembali. Ini semua untuk menjaga kebersihan gunung. Dan ini adalah bukti jika Anda adalah pendaki sejati.

Kesimpulannya, jaga keselamatan diri dengan terus menjaga fisik yang baik, kemudian pastikan untuk membawa sejumlah perlengkapan mendaki yang sesuai.

1 Trackback / Pingback

  1. Temukan Jalur Kembali Saat Tersesat Dengan Alat Mendaki Gunung Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*