Perlengkapan Mendaki Gunung Untuk Wanita Lengkap

Perlengkapan mendaki gunung untuk wanita tak hanya sekedar tas hiking saja, tapi masih banyak lagi. Contohnya adalah sepatu hiking yang nantinya akan memudahkan dalam tracking / trekking di gunung.

Buat yang pertama kali mau mendaki, pastinya banyak pertanyaan yang terlintas. Misalnya apa saja perlengkapan mendaki yang wajib dibawa ya? Apakah sudah cukup atau belum?

Ini wajar sekali. Kan masih baru tahap mau coba naik gunung.

Kalau sudah biasa sih tidak masalah. Paling tidak sudah tahu banyak mengenai medan yang bakal dilalui. Terus perlengkapan yang paling sentral untuk digunakan selama di atas gunung.

Nah, agar ga bingung atau kurang peralatan yang dibawa, ada baiknya calon pendaki lihat daftar perlengkapan mendaki lengkap ini. Tentunya tidak hanya pendaki wanita saja, tapi juga pendaki cowok.

perlengkapan mendaki gunung untuk wanita tittle=

Perlengkapan Umum Untuk Naik Gunung

Meskipun dikatakan umum, tapi tetap harus dibawa. Kalau belum punya semisal peralatan hiking, sobat alam bisa pinjem atau bisa juga beli. Toh banyak kok yang jual peralatan hiking tersebut.

Nah, buat perlengkapan umum yang wajib dibawa diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  • Tas gunung / ransel

Pastinya sudah tahu kan kegunaan dari tas gunung ini? Yah, tas ini nanti digunakan untuk membawa sejumlah perlengkapan lainnya.

Ingat ya tas gunung bukan tas biasa. Jadi, tas yang dimaksud adalah tas yang didesain khusus untuk mendaki gunung. Contohnya adalah consina ataupun eiger.

Tas-tas seperti ini sudah didesain khusus, memiliki berat yang wajar. Dan punya kapasitas penyimpanan yang sesuai kebutuhan.

Sobat tinggal pilih, mau pilih tas yang kapasitasnya 40, 80, ataupun 120 liter. Pemilihan tas ini sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan agar tidak terlalu memberatkan nantinya.

  • Tenda dan matras

Perlengkapan lain yang juga harus dibawa adalah tenda dan matras. Tenda buat tempat tinggal sementara di waktu malam. Tentunya tenda tadi harus dipasang di tempat yang aman.

Untuk alasnya, gunakan matras. Sobat pasti ga mau kan kalau harus tidur di atas tanah saja. Dingin sekali, dan pastinya kotor, sakit juga kalau kena batuan krikil. Makanya, perlu sekali melapisi tanah dengan matras.

  • Trash bag

Satu lagi yang jangan sampe ditinggalkan, trash bag. Kantong sampah ini wajib juga, dibuat untuk tempat menyimpan sisa-sisa habis makan. Contoh plastik mie, atau minuman sachet atau perlengkapan lainnya.

Juga jangan lupa plastik kecil sendiri buat tempat menyimpan sejumlah pakaian ganti yang sudah tidak digunakan.

  • Peralatan navigasi

Ga mau tersesat di perjalanan? Lengkapi peralatan navigasi di tengah-tengah petualangan sobat.

Apalagi sobat baru mencari pengalaman pertama. Tersesat tentu bikin horor, pastinya bawaannya pengen pulang. Malahan ga mau berpetualang lagi di kesempatan lainnya.

Rugi juga, karena masing-masing gunung punya keelokan sendiri. Dan ini jadi daya tarik sendiri, bahkan jadi alasan mengapa pendaki suka datang di gunung tersebut.

  • Pisau

Pisau ini kegunaannya banyak banget. Misalnya buat motong-motong ranting kalau mengahalangi perjalanan.

Atau yang paling penting adalah untuk jaga diri kalau ketemu binatang buas di tengah jalan.

Masih banyak kok kegunaannya. Ga hanya sebatas itu saja, contohnya motong kayu, tali dan semacamnya. Tentu sesuai dengan kebutuhan.

  • Rain cover

Satu lagi yang tak kalah penting adalah rain cover. Perlengkapan ini hanya untuk pelindung tas hiking saat turun hujan.

Karena normalnya cuaca di gunung tidak bisa diprediksi secara akurat. Bisa saja turun hujan.

Kalau tas tidak dilindungi, tentu bawaan akan basah kuyup. Ini akan menyulitkan buat sobat AM (ALAT MENDAKI). Jadi, walaupun sepele, jangan lupa bawa.

  • Perlengkapan medis

Ini digunakan untuk mengobati bilamana terjadi hal seperti luka tergores dan lain sebagainya.

  • Peralatan memasak

Sejumlah peralatan memasak wajib dibawa. Mulai dari kompor atau semacamnya, kemudian lengkapi juga dengan peralatan makan. Misalnya sendok, garpu dan lain sebagainya.

Dan pelengkapnya tentu saja sejumlah perbekalan semisal roti. Sobat harus merencanakan perbekalan yang mana cukup untuk pendakian.

Perlengkapan Khusus Untuk Mendaki Gunung

Selain perlengkapan di atas, masih ada perlengkapan lain. Di sini, kami sebut saja sebagai alat khusus saja. Karena ini dibawa oleh masing-masing pendaki.

Seberapa penting sih perlengkapan tersebut? Penting banget jawabannya. Karena ini bagian dari jaga-jaga agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Perlengkapan pribadi mendaki ini antara lain:

  • Obat pribadi

Ini beda lo dengan perlengkapan medis yang dibawa secara umum. Obat pribadi ini tentu saja dibawa oleh pendaki yang punya masalah kesehatan. Contohnya kalau obat alergi buat yang punya alergi.

Intinya, sobat sendiri yang tahu masalah kesehatan sobat. Bawa secukupnya obat pribadi sobat, paling tidak cukup untuk kebutuhan selama masa pendakian.

  • Topi / penutup kepala

Ini jelas harus dibawa setiap pendaki. Ga mungkin banget kan kalau pinjem temen, dan temen dibiarkan ga pake topi.

Gunanya tentu untuk menghindari terpaan terik matahari. Karena kalau sering kepanasan, bisa saja dehidrasi dan perjalanan akan terganggu.

  • Tisu

Tisu ini multifungsi, tapi intinya sebagai pembersih. Entah itu pembersih peralatan memasak, atau pembersih diri. Sobat pasti ngerti sendiri yang kami maksud lah.

  • Trekking pole / tongkat trekking

Peralatan ini juga sebaiknya dibawa. Gunanya untuk memudahkan perjelanan melintasi medan miring pegunungan. Atau bahasa kerennya untuk tumpuan.

Jangan sampai kelupaan. Kalau kelupaan, pasti bingung sendiri. Masa harus gunakan kayu yang diambil dari pepohonan?

  • Gaiter

Apa sih gaiter itu? Gaiter ialah pelindung tungkai kaki. Biasanya ditempatkan di bagian atas sepatu.

Tentu saja dimaksimalkan untuk melindungi kaki / tungkai kaki dari masuknya debu maupun kerikil.

  • Decker

Decker ini hampir mirip dengan gaiter. Tapi bedanya, decker ini dipasang di bagian lutut. Tujuannya untuk meminimalisir cedera lutut saat mendaki / menuruni gunung.

  • Kaos kaki

Bagus juga bawa kaos kaki. Gunanya untuk melindungi kaki dari dinginnya malam di pegunungan.

  • Kupluk

Sebenarnya kupluk hampir sama dengan topi. Tapi kupluk ini jauh lebih bagus, yakni bisa menutup seluruh area kepala. Dan ini sangat bagus karena beberapa bagian kepala sangat sensitif dengan dingin. Dan kupluk bisa jadi perlengkapan yang pas untuk dikenakan.

  • Headlamp

Headlamp juga wajib dibawa masing-masing pendaki. Pilihlah headlamp yang bisa bertahan lebih lama.

Atau kalau bisa juga memilih headlamp yang bisa dicharge. Jadi, kalau lampunya mulai redup, sobat bisa mengisinya kembali.

  • Masker dan sarung tangan

Buat yang baru menjajal pengalaman mendaki, masker dan sarung tangan jangan dianggap sepele.

Ini juga menjadi perlengkapan penting. Gunanya untuk menghindari masuknya debu, kemudian menghindari luka pada tangan saat pendakian.

  • Sleeping bag

Tidak bisa dipungkiri kalau udara di pegunungan sangat dingin, apalagi kalau malam hari. Tenda saja tentu bukan solusi. Makanya, selain tenda dan matras, sobat juga perlu sleeping bag untuk menghangatkan tubuh saat bermalam.

  • Pakain ganti

Minimal, sobat sudah memperkirakan kira-kira akan ganti baju berapa kali dalam sehari. Dan bila perjalanan melebih waktu sehari, sobat perlu menambah baju ganti.

Kemudian buat wanita, lengkapi dengan perlengkapan lain semisal pembalut kalau sedang datang bulan.

Kemudian mukena buat yang menjalankan ibadah. Tentu dengan perlengkapan ibadah yang biasa dikenakan.

  • Jas hujan

Jangan lupa antisipasi kedinginan dengan jas hujan. Karena memang hujan bisa turun kapan saja ketika berada di atas gunung.

  • Sepatu gunung

Sobat bisa menggunakan sepatu mendaki ataupun sandal gunung. Sobat bisa pilih salah satunya. Tapi yang terbaik tentu saja sepatu gunung karena seluruh kaki tertutupi.

  • Jaket

Jaket juga wajib dibawa. Ini untuk menghindari suasana dingin, dan sobat masih dalam keadaan berjalan di tengah-tengah perjalanan.

Bagi yang belum punya beberapa perlengkapan mendaki. Pinjem kalau waktunya mepet, kalau ga bisa cari di baik itu toko konvensional ataupun online. Kalau online, langsung saja masuk ke halaman utamanya google, ketikkan perlengkapan yang bakal dibeli.

Intinya, perlengkapan mendaki gunung untuk wanita itu meliputi tenda / peralatan camping, peralatan memasak, sepatu / sandal mendaki, dan masih banyak lagi.

Sumber : viewindonesia

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*