Perlengkapan Naik Gunung

Pendaki Cerdas Itu Selalu Menganggap Penting Perlengkapan Naik Gunung!

perlengkapan naik gunung

Perlengkapan naik gunung memang banyak sekali. Meskipun banyak, pendaki tetap disarankan untuk membawanya. Khususnya peralatan naik gunung yang tepat guna.

Anda tidak harus membeli secara keseluruhan. Kalau dilakukan, Anda akan menghabiskan biaya yang tak terkira. Bayangkan saja, untuk tas carrier saja harganya sudah mencapai ratusan ribu rupiah, bahkan hampir menyentuh jutaan rupiah.

Itu baru satu perlengkapan mendaki. Lalu, bagaimana dengan perlengkapan lainnya? Anda pastinya butuh beberapa bulan untuk membelinya. Dimulai dari menabung tiap hari, minggu sampai bulan. Lalu, kapan Anda akan melakukan pendakian?

Anda cukup membeli perlengkapan untuk mendaki yang wajib saja. Minimal, perlengkapan gunung untuk pribadi. Sisanya, Anda bisa bekerjasama dengan rekan pendaki lainnya.

Pentingnya Peralatan Mendaki

Kurang lebih, perlengkapan yang dimaksud sama dengan alat camping lengkap. Ada tenda sebagai tempat bernaung kala istirahat, ada peralatan memasak kala digunakan untuk menyediakan sajian di saat lapar.

Sejumlah peralatan pendakian ini memang harusnya dibawa. Kalau tidak, Anda hanya sebatas nekat. Biasanya ini dilakukan oleh pendaki pemula, atau pendaki yang hanya memikirkan keindahan alam saja.

Ingat, alam terkadang tidak bersahabat. Banyak hal yang harus dipersiapkan. Fisik, kelengkapan peralatan merupakan hal yang wajib. Jika tidak, jangan pernah melakukan pendakian. Bahaya!

Intinya, peralatan untuk mendaki ini disediakan demi kepentingan menjaga keselamatan. Kemudian memberikan kemudahan dalam hal pendakian. Dan untuk bisa membawa banyaknya peralatan ini, Anda wajib mempersiapkan fisik sebaik mungkin.

Caranya? Latih diri Anda sebelum melakukan pendakian. Contohnya adalah sering lari pagi, biasakan naik turun anak tangga. Ini akan membantumu, terutama membiasakan diri dengan medan yang bakalan ditemukan saat di gunung.

Akibat Tidak Membawa Perlengkapan Naik Gunung

Yang membawa perlengkapan mendaki gunung saja kadang masih belum benar-benar aman. Apalagi pendaki yang nekat tidak membawa peralatan penunjangnya. Akibatnya terlalu besar, tidak sepadan dengan keinginan Anda selama berada di gunung.

Salah satu akibat tidak membawa peralatan adalah Anda tidak akan mendapatkan kemudahan dalam menghadapi situasi di gunung. Contohnya akan kesulitan menapaki jalan berliku nan curam bila tidak mengenakan tongkat.

Begitu pula ketika tidak membawa tenda dan sleeping bag. Anda pastinya akan kesulitan untuk merasakan istirahat saat malam hari yang begitu dingin.

Sama halnya dengan tali. Anda juga kadang membutuhkannya untuk membantu dalam menaiki jalanan menanjak yang sulit. Atau, sepatu tertentu yang harusnya bisa mencengkeram medan dengan baik.

Akibat selanjutnya adalah keselamatan jiwa. Ini sangatlah penting untuk diperhatikan. Sejumlah perlengkapan yang berhubungan dengan keselamatan jiwa harus dibawa. Banyak perlengkapannya, contohnya perlengkapan medis.

Kemudian jas hujan yang berguna untuk menangkal dinginnya suasana alam. Dinginnya alam kadan membuat seorang pendaki mengalami hipotermia. Jika tidak segera ditangani akan sangat berbahaya. Maka dari itu, biasakan untuk membawa perlengkapan naik gunung yang benar-benar dibutuhkan.

Peralatan Yang Dibutuhkan Ketika Naik Gunung

Anda tidak harus membawa keseluruhan peralatan untuk mendaki. Cukup bawa peralatan yang penting saja. Peralatan yang dimaksud adalah peralatan khusus untuk pribadi, dan peralatan untuk kelompok.

Sebagian dari Anda pastinya sudah menerka-nerka apa saja peralatan yang dibutuhkan. Namun mungkin saja ada yang terlewat. Supaya tidak terlewat, kami bagikan beberapa peralatan utama yang biasa dibawa saat melakukan pendakian. Berikut adalah peralatan yang dibutuhkan.

  • Perlengkapan kelompok

Perlengkapan ini bisa dibawa oleh salah satu anggota dalam kelompok pendakian. Sisanya tidak perlu membawa demi keefektifan perjalanan mendaki. Pastinya, ini sudah cukup untuk memberikan rasa aman selama berada di alam.

Diantara perlengkapan kelompok untuk mendaki adalah tenda dome, peralatan komunikasi, peralatan memasak, dan logistik. Peralatan ini bisa didiskusikan dengan anggota.

Misalnya siapa yang harus membawa peralatan tersebut. Tentunya harus dibagi secara adil. Gunanya adalah saling berbagi berat.

  • Perlengkapan pribadi

Bicara perlengkapan mendaki pribadi, ini pastinya cukup banyak. Ada yang dikenakan selama perjalanan, ada juga yang disimpan untuk digunakan di kondisi tertentu.

Perlengkapan yang harus dibawa ini meliputi tas gunung (carrier), jaket gunung, sepatu atau sandal gunung, sleeping bag, matras, pakaian outdoor, senter/headlamp, sarung tangan, trekking pole/tongkat gunung, kacamata, jam tangan, masker, jas hujan dan raincoat bag, serta gaiter.

Tak lupa, Anda juga butuh peralatan makan, navigasi, perlengkapan medis. Perlengkapan medis ini bisa secara umum, juga khusus. Secara umum, peralatan medis ini sama seperti peralatan P3K. Kemudian peralatan medis khusus ini disesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda sendiri.

Tips Packing Perlengkapan Mendaki

Packing perlengkapan gunung merupakan seni tersendiri. Pendaki professional tahu betul bagaimana cara mengatur penempatan barang bawaannya di dalam Carrier (tas gunung). Dan ini bisa dijadikan contoh sederhana bagi Anda.

Tidak dipungkiri jika banyak sekali perlengkapan mendaki gunung. Dan kesemuanya perlu disimpan dalam satu wadah. Ditata dengan rapi dan presisi supaya nyaman ketika digendong.

Tak hanya itu saja, perlengkapan yang dibawa juga harusnya memudahkan pendaki. Misalnya bila ingin menggunakannya. Bukan kerepotan dengan membongkar seluruh isi tas.

Supaya tidak repot, perlengkapan tersebut sebaiknya disusun dengan benar. Susunannya harusnya sesuai dengan mana yang paling dibutuhkan di setiap keadaan.

Masih bingung? Kuncinya adalah menempatkan perlengkapan yang paling sering digunakan di bagian atas carrier. Sementara barang-barang yang jarang digunakan bisa diletakkan di bagian dasar carrier.

Barang paling sering digunakan biasanya berupa P3K, senter, peralatan makanan, jaket pelindung dan lain sebagainya. Kesemuanya bisa diletakkan di bagian paling mudah dijangkau. Yakni di bagian atas agar bila sewaktu-waktu dibutuhkan, Anda tidak harus membongkar semua isi Carrier.

Selain itu, buat carrier senyaman mungkin. Contohnya adalah meletakkan matras melingkar di dalam carrier. Sebelumnya, lapisi dengan kantong plastic yang seukuran dengan volume tas.

Gunanya adalah untuk menjaga carrier tetap seimbang. Tidak ada bagian tas yang dirasa berat sebelah. Bahkan, penempatan matras ini bakalan membantu dalam hal memudahkan penempatan susunan barang di dalam tas.

Kekurangannya adalah matras ini akan sulit digunakan nantinya. Anda perlu membongkar tas lantaran matras terjepit barang-barang bawaan. Tapi tidak mengapa, toh barang bawaan bisa tersusun dengan rapi dan seimbang.

Untuk cara penyusunan lebih detail, Anda bisa mencarinya di Google. Gunakan kata kunci cara menyusun perlengkapan naik gunung di dalam Carrier.

Intinya, aturlah susunan barang yang paling sering digunakan di bagian atas. Kemudian barang bawaan yang jarang digunakan bisa diletakkan di bagian dasar tas. Dengan cara demikian, Anda akan merasa nyaman dan tidak terlalu berat.

Jauh sebelum melakukan penyusunan barang bawaan dalam tas gunung, Anda perlu menyediakan sejumlah peralatan naik gunung. Milikilah perlengkapan yang utama, khususnya perlengkapan pribadi. Sisanya, Anda bisa bekerjasama dengan tim pendakian terkait perlengkapan naik gunung.