Harga pipa disesuaikan dengan kualitas dan ukurannya. Harganya terbilang murah, namun bila terjadi kerusakan di villa keluarga, ini akan menjadi masalah. Oleh karenanya, pemeliharaan pipa wajib dilakukan secara rutin.

Liburan keluarga sangat menyenangkan bila dihabiskan di tempat yang alami. Contohnya adalah ke pegunungan. Baik itu untuk sekedar hadir menikmati suasana keasrian alam, atau untuk kegiatan pendakian sebagaimana yang banyak dilakukan oleh masyarakat saat ini.

Anda yang memiliki villa keluarga di area pegunungan jelas punya kesempatan lebih besar untuk menikmati hari libur di sana. Hanya saja, Anda mungkin akan mengalami permasalahan jika villa keluarga ini tidak dilakukan perawatan.

Walaupun jarang ditinggali, perawatan musti dilakukan secara rutin. Selain kebersihan area villa, perawatan pada sistem perpipaan villa juga harus diprioritaskan. Kenapa? Karena masalah inilah yang paling sering terjadi pada bangunan rumah.

Ada beberapa poin utama yang harusnya dipertimbangkan manakala ingin menjaga umur dari instalasi pipa di villa keluarga ini. Apa saja poin utamanya? Mari simak ulasannya berikut ini!

Pemetaan Dari Instalasi Pipa Di Dalam Villa Keluarga

Diasumsikan Anda baru saja membangun/membeli sebuah vila keluarga di daerah pegunungan tertentu. Satu hal yang wajib dilakukan adalah memeriksa sistem perpipaannya. Jika dirasa kurang baik, ada baiknya Anda merubahnya selagi Anda memiliki waktu.

Pemetaan dari sebuah instalasi pipa rumah/villa ini wajib direncanakan. Diantara pemetaannya adalah merencanakan seperti apa jalur pipa yang bakal diterapkan, dimana lokasi seharusnya, serta ukuran pipa itu sendiri.

Jumlah pipa dengan ukuran tertentu juga wajib diketahui. Dengan perencanaan yang matang, Anda akan lebih mudah dalam hal pemasangannya. Bahkan, kekurangannya bisa ditutupi.

Anda cukup membelinya sesuai kebutuhan. Dan untuk memperoleh pipa terbaik untuk sistem perpipaan villa, Anda bisa mendapatkannya di RUCIKA. Andapun bisa memeriksa ketersediannya sambil melihat harga pipa yang ditawarkan. Yang pasti, harganya kompetitif, dan kualitasnya tidak diragukan.

Jauhkan Pemasangan Pipa Dari Benda-Benda Keras/Tajam

Perencanaan sudah dilakukan sebelumnya dengan menghitung seluruhnya. Kini, Anda tinggal melakukan pemasangan. Baiknya, diskusikan dengan penyedia jasa pemasangan pipa agar hasilnya lebih bagus.

Perlu dipahami bahwa pipa ini memiliki kualitas yang berbeda-beda. Ada yang lebih elastis, keras dan lain sebagainya. Anda hanya tinggal menentukan jenisnya sesuai kebutuhan instalasi.

Ketika akan dipasang, baiknya Anda juga harus menghindari peletakan pipa ini di area yang mudah untuk rusak. Maksudnya, hindari pemasangan di area yang mudah tertindih, atau mudah terkena benda tajam yang mengakibatkan masalah seperti kebocoran.

Meminimalkan segala sesuatu yang akan membuat pipa rusak jauh lebih baik. Buahnya, sistem perpipaan villa keluarga akan lebih tahan lama. Dan Anda tidak perlu selalu memperbaikinya, apalagi sampai membeli pipa tersebut.

Rutinlah Membersihkan Sumbatan Pada Pipa

Tidak dipungkiri jika sumbatan pada pipa rumah ini sering terjadi. Sumbatan ini bisa berupa lumut, benda keras, sampah dari hasil cuci peralatan dapur, sampai tanah yang masuk bersamaan dengan air.

Penumpukan benda-benda ini dalam waktu lama akan membuat pipa tersumbat. Jika dibiarkan, air tidak akan lancar. Dan perlu penanganan yang cukup memakan waktu. Bahkan tak jarang bila pemotongan dan pergantian pipa perlu dilakukan.

Supaya kendala ini tidak terjadi, ada baiknya Anda selalu rutin untuk membersihkannya. Caranya adalah dengan tidak membuang sampah yang berpotensi menghambat ke dalam pipa. Terutama pada area wastafel ataupun tempat cuci piring.

Kalau sudah terjadi sumbatan dari benda-benda organik, Anda mungkin butuh cara untuk melancarkannya. Salah satunya adalah dengan soda api. Soda api ini bisa digunakan untuk menguraikan sumbatan dari benda organik di dalam pipa.

Namun Anda harus hati-hati ketika memanfaatkan cara tersebut. Pastikan tubuh Anda tidak terjadi kontak dengan soda api. Karena dikhawatirkan zat yang terkandung di dalamnya akan membahayakan bagian tubuh.

Bagi yang merasa kesulitan, tidak ada salahnya jika Anda menghubungi layanan pembersih pipa. Ini adalah cara terakhir bilamana Anda merasa saluran perpipaan cukup rumit untuk ditangani sendiri. Dengan cara demikian, sistem perpipaan villa keluarga akan lancar dan bertahan lama.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *