Cara Mengusir Kebosanan Saat Pandemi Ala Pendaki

cara mengusir kebosanan

Bagaimana cara mengusir kebosanan yang paling ampuh?

Menyebarnya virus covid 19 membuat pemerintah menetapkan kebijakan agar masyarakat mengurangi kegiatannya di luar rumah. Interaksi sosial secara langsung serta pergi keluar liburan seperti ke pantai atau gunung harus dihentikan sementara.

Pemerintah mengharapkan masyarakatnya agar mematuhi arahannya agar duduk manis di rumah. Gunanya agar gerak virus ini terbatasi sehingga penyebarannya tidak meluas.

Hampir setiap masyarakat telah menyadari tentang pentingnya menjaga diri. Arahan dari pemerintah mulai diterapkan. Hanya saja, lamanya berada di dalam rumah bisa menimbulkan kebosanan.

Tidak mau mengalami hal ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Berikut ini cara mengusir kebosanan yang bisa dicoba.

Nonton Film Kesukaan

Salah satu cara paling pas untuk menghilangkan kebosanan dan kesepian ialah dengan menonton film. Apapun jenis genrenya. Yang paling penting, Anda bisa menikmatinya.

Anda hanya perlu membuat list tentang film yang ingin ditonton selama masa karantina di rumah masing-masing. Jadwalkan saja satu persatu di tiap harinya. Tentunya film ini bisa ditonton sehabis melakukan pekerjaan rumah harian.

Bagi Anda yang memang menyukai kegiatan alam seperti pendakian, Anda bisa menonton film bertema kegiatan alam. Contohnya sangat banyak, dan sebagian diambil dari kisah nyata. Ini bisa menjadi bahan pembelajaran yang sangat bagus.

Menulis/Blogging

Ketimbang berlarut-larut dengan rasa sepi dan bosan, mendingan isi waktu dengan menulis. Anda bisa menuliskan pengalaman atau aktifitas harian yang bisa dibagikan pada orang lain.

Salah satunya adalah membagikannya melalui sebuah blog pribadi. Di sini, Anda cukup menuliskan tentang pengalaman seperti pernah mendaki kemana saja. Anda juga bisa mengisinya tentang suka duka dalam perjalanan.

Apapun bisa Anda tulis. Terutama bagi Anda yang hobi dengan naik gunung, pengalaman Anda akan menjadi bagian pembelajaran bagi pendaki baru.

Olahraga

Waktu kosong yang cukup banyak bisa dimaksimalkan untuk melatih otot-otot tubuh. Olahraga apapun bisa dicoba. Yang terpenting sesuai dengan porsinya agar tidak mengalami cedera.

Bagi yang hobi mendaki sendiri, waktu harusnya dioptimalkan sebaik mungkin. Secara, ini adalah waktu berharga untuk melatih kekuatan tubuh, kaki, tangan dan anggota tubuh lainnya.

Semakin terlatihnya tubuh, Anda memiliki peluang untuk lebih sehat. Setidaknya, ini juga bisa menjadi persiapan yang sangat baik untuk mendukung kegiatan pendakian kedepannya.

Intinya, sembari menunggu pandemic virus selesai, Anda bisa membuat rencana untuk melakukan pendakian. Kemudian, waktu karantina seperti saat ini bisa dimanfaatkan untuk olahraga seperti lari, push up, dan lain sebagainya sebagai bentuk persiapan.

Berkebun

Dalam kegiatan pecinta alam, menanam adalah hal yang sangat biasa. Terkadang agenda ini akan dilakukan oleh sejumlah komunitas di tiap tahunnya. Kegiatan seperti tak lain untuk menjaga gunung tetap hijau.

Selama masa pandemic ini, Anda juga bisa melepaskan rindu akan gunung dengan cara berkebun. Menanam berbagai macam tanaman bisa dicoba. Mulai dari bunga, tanaman buah maupun sayuran.

Yang paling penting, kegiatan ini positif dan membuat Anda aktif bergerak. Dengan begitu, Anda tidak akan terlihat malas akibat kegabutan.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa sepi di masa pandemi. Mari isi kekosongan dengan hal yang positif. Setidaknya, ini bisa langkah memotivasi diri yang membuat Anda lebih semangat menyambut setiap paginya.

Sending
User Review
0 (0 votes)

Leave a Comment