Daftar Gunung Tertinggi Di Indonesia Dan Letaknya

daftar gunung tertinggi di indonesia

Daftar gunung tertinggi di indonesia, tema yang sangat menarik bagi pendaki. Terutama bagi Anda yang suka berpetualang, mencoba bersahabat dengan alam.

Daftar ini akan menjadi bagian dari referensi khusus karena bisa diagendakan, dan menariknya dilengkapi dengan letak keberadaan gunung tersebut.

Indonesia merupakan negara dengan ratusan gunung yang tersebar hampir ke seluruh wilayah. Baik itu di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan pulau-pulau lainnya.

Hal ini dikarenakan oleh keadaan geologi di nusantara yang terbilang mendukung. Betapa tidak, Indonesia sendiri merupakan negara yang menjadi tempat bertemunya 3 lempengan tektonik terbesar. Lempengan tersebut adalah lempengan pacific, Eurasia dan Indo-australia.

Keadaan geologi inilah yang menandai adanya peristiwa tektonik. Kemudian banyak membentuk gunung-gunung dengan puncak tertinggi di dunia.

Menariknya lagi, gunung-gunung di Indonesia terbilang banyak yang aktif. Tapi ada juga yang sudah tidak aktif sampai saat ini.

Banyaknya gunung ini lantas menjadikan hobi mendaki sangat terdukung. Bukan hanya pendaki lokal saja, tetapi pendaki mancanegara sudah ada yang meliriknya.

Nah, apa saja gunung tertinggi di Indonesia tersebut? Mari simak daftarnya tentang gunung tertinggi di Indonesia dan letaknya di bawah ini secara berurutan.

Top Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia

Berikut kami jabarkan tentang list gunung yang memiliki ketinggian super. Masing-masing telah mendapatkan satu tempat di hati para pendaki profesional.

Gunung Jayawijaya (4.844 mdpl)

Predikat sebagai gunung tertinggi di Indonesia pertama jatuh pada puncak Jayawijaya. Orang juga menyebutnya sebagai puncak Jaya, ataupun Carstensz Pyramid.

Letaknya ada di Papua. Ketinggiannya mencapai 4.844 mdpl. Puncaknya dinamakan dengan puncak jaya ataupun cartensz pyramid.

Orang yang diklaim pertama kali mencapai puncaknya adalah Hedrikus Albertus Lorentz. Dia adalah seorang penjelajah Belanda yang melakukan pendakian di dinginnya puncak, kurang lebih tepatnya di tahun 1909.

Gunung ini menjadi yang tertinggi di nusantara. Ketinggian sebenarnya sebelum terjadinya gletser diperkirakan mencapai 5000 mdpl.

Dulunya nama puncaknya berubah-ubah. Mulai dari puncak Cartensz, Puncak Soekarno dan Puncak Jayawijaya yang bertahan sampai saat ini.

Gunung Sumantri (4.870 mdpl)

Predikat kedua sebagai gunung paling tinggi di nusantara disematkan pada gunung sumantri ini. Ketinggiannya mencapai 4.870 mdpl.

Gunung ini letaknya di provinsi papua. Gunung tersebut letaknya tidak jauh dengan gunung Jayawijaya. Setidaknya, jarak antara keduanya sekitar 2 km.

Letak pasnya berada di Papua Barat. Di sekitarnya terdapat kawasan hutan gunung seperti hutan dipterokarp serta hutan montane.

Puncak Mandala (4.760 mdpl)

Untuk yang selanjutnya ditempati oleh puncak mandala. Yakni dengan ketinggiannya mencapai 4.760 mdpl.

Sebenarnya puncak mandala sendiri merupakan bagian dari pegunungan jayawijaya. Puncaknya memiliki suhu yang sangat rendah. Bahkan lebih sering diselimuti oleh salju. Hanya saja, saljunya terus berkurang akibat pemanasan global.

Puncak Trikora Papua (4.751 mdpl)

Puncak tertinggi yang selanjutnya adalah puncak trikora atau bisa disebut juga dengan puncak Ettiakup. Ketinggiannya mencapai 4.751 mdpl.

Letaknya juga berada di Papua Barat. Puncak ini juga dinamakan sebagai puncak Wilhelmina, tepatnya ketika masa penjajahan Belanda.

Jalur pendakiannya sangat menantang. Kemudian suhunya bisa mencapai 3 derajat. Dan data terakhir menunjukkan bahwa tim ekspedisi sumpah pemuda universitas negeri Jakarta menjadi tim ekspedisi terbaru yang menaklukkannya, tepatnya di tahun 2016 kemarin.

Puncak Idenberg (4.626 mdpl)

Masih di kawasan Papua, puncak idenberg adalah puncak yang memiliki ketinggian mencapai 4.626 mdpl. Tentunya termasuk sebagai puncak paling tinggi setelah puncak trikora.

Pendakian ke puncak idenberg ini termasuk salah satu yang tersulit. Meskipun begitu, para pendaki Indonesia tetap mampu menaklukkannya, tepatnya pada tahun 2009 silam.

Ini dilakukan oleh sekelompok mahasiswa yang tergolong dalam tim ekspedisi pecinta alam dari universitas katolik parahyangan. Untuk mengenangnya, puncak idenberg dirubah namanya menjadi puncak Merah Putih.

Selain itu, masih ada Gunung Yamin yang memiliki ketinggian mencapai 4.595 mdpl. Gunung ini juga sama letaknya, yakni berada di papua. Dan puncaknya diselimuti oleh salju.

Gunung Rantemario

Cukup asing ya namanya, gunung Rantermario. Namun bagi pendaki, tentu sudah banyak mengenal nama gunung ini. Malahan pernah menjajal sampai puncaknya.

Letak gunung Rantemario ini ada di Sulawesi Selatan. Ketinggiannya sekitar 3.478 mdpl. Jadi, kalau mau mendaki ke sana bagi yang berasal dari pulau Jawa, baiknya istirahat dulu di penginapan sebelum akhirnya memulai pendakian.

Jika Anda belum terbiasa mendaki, baiknya putuskan untuk mendaki pegunungan yang ramah. Ini bisa dilihat pada bahasan gunung Indonesia paling indah dan ramah ini.

Itulah beberapa gunung yang memiliki ketinggian dan suhu ekstrim di nusantara. Tertarik untuk mendaki di salah satu gunung tersebut? Jika belum, simpanlah dulu daftar gunung tertinggi di Indonesia tersebut.

Sending
User Review
0 (0 votes)