Sejumlah Fakta Menarik Dibalik Keberadaan Puncak Jaya Papua

Puncak Jaya Papua

Puncak Jaya Papua menjadi puncak tertinggi yang ada di Indonesia. Puncak ini punya banyak nama. Selain puncak Jayawijaya, puncak ini juga dinamakan dengan puncak carstensz.

Ada sejumlah fakta menarik mengenai puncak yang terletak di Papua ini. Salah satunya adalah penamaan dari Jayawijaya sendiri. Nama ini diberikan oleh presiden pertama Indonesia, bapak Soekarno.

Nama ini diambil setelah Indonesia mampu mengambil kembali Irian Barat dari Belanda. Kemudian puncak ini dinamai dengan puncak Jayawijaya. Artinya adalah kemenangan.

Selain penamaan tersebut, ada juga Carstensz. Nama ini diambil untuk mengenang orang pertama yang menemukan puncak tertinggi Indonesia ini. Yakni seorang berkebangsaan Belanda di tahun 1623. Namanya adalah Jan Carstensz.

Fakta Tentang Puncak Jaya Papua

Banyak sekali fakta menarik dari Puncak Jaya Papua ini. Mau tahu apa saja faktanya? Simak baik-baik pada ulasan berikut ini.

Pendaki Pertama Adalah Heinrich Harrer

Meskipun dalam catatan sejarah orang yang menemukan puncak jaya ini adalah Jan Carstensz, namun orang yang pertama melakukan pendakian adalah Heinrich Harrer. Tepatnya pendakian pertama ini dilakukan pada tahun 1962.

Harrer ini adalah ketua rombongan. Pendaki ini menggunakan jalur darat, melewati trek yang sangat curam. Tentunya diikuti dengan cuaca yang sangat ekstrim.

Sementara orang Indonesia pertama kali yang mendaki sampai puncak tersebut adalah rombongan yang dipimpin oleh Letnan Kolonel Azwar Hamid dari direktorat topografi angkatan darat. Tepatnya dua tahun setelah pendaki pertama, yaitu di tahun 1964.

Gunung Bersalju Yang Berada Di Atas Garis Katulistiwa

Papua sendiri letaknya berada di atas garis katulistiwa. Yang artinya, iklimnya akan tropis. Namun kenyataannya, puncak jaya ini lebih dingin karena diselimuti oleh salju tebal.

Salju ini menyelimuti permukaan gunung. Karena tingginya gunung ini, suhunya lebih dingin sehingga bisa mempertahankan saljunya.

Keberadaan gunung yang diselimuti salju inilah yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Malahan, keindahannya inilah yang menarik perhatian bagi wisatawan asing untuk melakukan pendakian ke kawasan tersebut.

Meskipun begitu, pendaki perlu memperhatikan banyak hal bila ingin melakukan pendakian di tempat tersebut. Pasalnya, treknya yang curam, cuacanya yang ekstrim dan minim oksigen membuat pendakian tidaklah mudah.

Puncak Jaya Papua Dulunya Adalah Dasar Lautan

Catatan sejarah menunjukkan jika Puncak Jaya Papua ini merupakan puncak tertinggi yang ada di Indonesia dengan ketinggian mencapai 4.884 mdpl. Bahkan termasuk salah satu dari seven summit di dunia.

Meskipun begitu, beberapa sumber menyebutkan jika puncak tersebut dulunya adalah sebuah dasar laut yang sangat dalam. Karena adanya batuan sedimentasi yang naik ke permukaan, akibatnya adalah menumpuknya lempeng pasifik dan indo Australia dari dasar laut.

Ini dibuktikan dengan seorang ahli geologi bernama Fransiskus Benediktus Widodo Margotomo. Pulau papua dan puncaknya terbentuk sekitar 60 juta tahun yang lalu.

Itulah sejumlah fakta yang tersimpan dalam Puncak Jaya Papua ini. Bagi Anda yang siap mental dan biaya, Anda bisa berkunjung ke sini. Untuk informasi rutenya, Anda bisa simak pada ulasan jalur ke puncak jaya wijaya ini.

Sending
User Review
0 (0 votes)