Gunung Berapi Tertinggi Di Indonesia Favorit Para Pendaki

gunung berapi tertinggi di Indonesia

Meskipun statusnya masih aktif, gunung berapi tertinggi di Indonesia ini tetap menjadi primadona untuk para pendaki. Daya tariknya bukan hanya sekedar tantangan, tetapi keindahan alamnya yang ditawarkan olehnya.

Bagi pendaki, menjajal pendakian bisa dilakukan secara bertahap. Dimulai dengan mendaki di ketinggian yang rendah, sedang sampai yang paling tinggi.

Meskipun begitu, ada juga pendaki yang langsung mencoba untuk mendaki di gunung yang tinggi. Cuma, pendakian secara langsung di gunung paling tinggi tidaklah direkomendasikan bagi pemula.

Perlu pemahaman tentang bagaimana cara bertahan, berjalan sampai beradaptasi dengan lingkungan. Jika kesemuanya sudah bisa, maka tidak masalah untuk melakukan pendakian di gunung tertinggi.

Tidak hanya tertinggi, sobat juga bisa menjajal pendakian di gunung berapi tertinggi yang ada di Indonesia. Nah, mau tahu apa saja gunung berapi tersebut?

Gunung Kerinci (3.805 mdpl)

Gunung Kerinci menjadi salah satu gunung berapi tertinggi yang letaknya ada di Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 3.805 mdpl.

Lokasinya berada di pulau Sumatera. Tepatnya ada di provinsi Jambi. Gunung ini akan menjadi tujuan pendakian yang sangat menarik, tentunya penuh dengan tantangan.

Setelah mampu menaklukannya, pendaki akan merasa sangat bebas di sana. Segala jerih payah terbayarkan dengan pesona keindahan alam di gunung tersebut.

Betapa tidak, gunug kerinci ini menawarkan sejumlah pemandangan indah. Salah satunya adalah kawah yang luasnya sampai 400 x 120 meteran. Kawah ini diisi dengan air yang berwarna kehijauan.

Tak hanya itu saja, pendaki juga akan dimanjakan dengan indahnya samudera hindia yang terbentang luas di hadapan. Bahkan, gunung ini juga masih menyimpan kekayaan flora dan faunanya. Tidak heran jika para pendaki akan mendapatkan sensasi lebih sesaat melakukan pendakian di gunung Kerinci ini.

Gunung Rinjani (3.726 mdpl)

Jika di Sumatera ada gunung kerinci, maka di Nusa Tenggara Barat ada gunung Rinjani. Gunung ini juga termasuk gunung favorit bagi pendaki. Letaknya ada di Lombok.

Gunung Rinjani sendiri berada bersebelahan dengan gunung sanggar yang sama-sama menawarkan ketinggian. Dan gunung ini juga termasuk dalam gunung berapi yang berhawa sejuk.

Kekhasan suasana pegunungan akan sangat terasa. Pendaki akan dimanjakan dengan pemandangan eksotis yang menjadi ciri khas gunung yang memiliki ketinggian mencapai 3.726 mdpl ini.

Menariknya, gunung ini termasuk gunung yang paling ramai dikunjungi orang. Tidak tanggung-tanggung, sebuah data menunjukkan jika gunung ini didatangi sekitar 100 ribu orang lebih di tiap tahunnya.

Gunung Semeru (3.676 mdpl)

Gunung berapi yang juga sangat tinggi di Indonesia adalah gunung Semeru. Kepopulerannya sudah sampai di telinga masyarakat Indonesia, bahkan juga para pendaki dari luar Indonesia.

Gunung berapi ini letaknya berada di Jawa Timur. Tepatnya gunung ini diapit oleh kabupaten Lumajang dan Malang. Ketinggiannya mencapai 3.676 mdpl.

Bagi yang berencana untuk melakukan pendakian di gunung ini, ada baiknya melakukan persiapan yang matang. Entah itu fisik, perlengkapan sampai logistiknya.

Pasalnya, pendaki butuh setidaknya 4-5 hari untuk melakukan kegiatan pendakian. Yakni perjalanan menuju puncak yang diberi nama puncak Mahameru dan perjalanan turun.

Di dalam perjalanan, pendaki akan disajikan beberapa tempat yang menarik. Salah satunya adalah Ranugumbolo, sampai bukit cinta.

Tak hanya itu saja, sajian panorama indah alam di Semeru sangatlah mempesona. Tidak heran jika banyak pendaki yang punya hasrat untuk melakukan pendakian di gunung semeru tersebut.

Sebenarnya masih banyak lagi gunung yang berada di Indonesia. Masing-masing memiliki medan dan ketinggian yang berbeda. Begitupun dengan statusnya.

Itulah beberapa gunung berapi yang memiliki ketinggian luar biasa di Indonesia. Nah, sudah siap untuk melakukan pendakian di salah satu gunung berapi tertinggi di Indonesia ini?

Sending
User Review
0 (0 votes)