gunung-di-indonesia

Nama Gunung di Indonesia

Gunung di Indonesia menawarkan alam pegunungan yang mempesona. Keindahannya membuat setiap orang terpana. Keelokannyapun telah tersohor di penjuru dunia. Tidak salah jika banyak orang tertarik untuk mengunjunginya.

Kita patut berbangga telah mendiami kawasan yang begitu asri. Area yang luas, dipenuhi oleh ratusan gunung yang berdiri megah di sekitar.

Suasana alam yang menentramkan, udara yang sejuk tentunya sudah cukup untuk membuat suasana tinggal di dalamnya semakin nyaman. Bahkan, bumi ini bisa dikatakan diberkahi dengan banyaknya tanaman yang bisa tumbuh subur di atasnya.

Indonesia sendiri juga dipandang sebagai paru-paru dunia. Keberadaan pepohonan hijau di hampir seluruh area menjadikannya begitu diperhitungkan. Bisa dikatakan dunia masih bergantung pada kelestarian alam di nusantara.

Perlu diingat bahwa gunung di Indonesia ini memiliki kekhasan masing-masing. Ada yang masih aktif dimana sering terjadi letusan. Ada juga yang nampak mati suri. Ada pula yang diselimuti dengan salju meskipun berada di kawasan tropis.

Gunung Terindah Di Indonesia Untuk Didaki

Menyebutkan nama gunung di Indonesia satu persatu tidak cukup sehari. Disinggung sebelumnya bila Indonesia memiliki ratusan gunung yang berdiri dengan kokohnya. Jumlahnya sangat banyak, tersedia di beberapa kawasan yang merupakan bagian dari teritori nusantara.

Kami tidak akan mengulas secara keseluruhan. Tapi Anda diajak untuk mengenali pegunungan terindah di Indonesia. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  • Patuha

Sebagian orang masih asing dengan nama gunung ini. Letaknya berada di Kab. Bandung, Jawa Barat. Ketinggiannya mencapai 2.386 mdpl.

Alamnya asri, menawarkan keelokan tiada duanya. Salah satu keistimewaannya terletak pada keberadaan kawah putihnya. Membuatnya semakin menarik. Terutama bagi pasangan muda.

Kawah Putih Gunung Patuha ini berasal dari letusan pegunungan. Diperkirakan, letusan terjadi pada abad ke 10. Kawahnya masih bisa dijumpai, dan menjadikannya sebagai pegunungan indah di Bandung.

  • Kelimutu

Kelimutu terletak di Kab Ende, NTT. Memiliki ketinggian sedang. Yakni di kisaran 1.639 mdpl.

Meskipun tidak terlalu tinggi, pemandangannya sungguh mempesona. Keelokannya tak lepas dari keberadaan 3 danau yang memiliki warna berbeda.

Diantaranya ialah danau Putih (Tiwu Atta Mbupu), danau merah (Tiwu Atta Polo), dan danau Biru (Tiwu Nuwa Muri Koo Fai). Orang menyebutnya sebagai danau tiga warna.

  • Ijen

Ijen merupakan gambar pegunungan di Indonesia dengan pemandangan spektakuler. Viewnya tak pernah diragukan. Ikon utamanya ialah api biru.

Api ini dipercaya hanya ada 2 buah di dunia. Salah satunya ditemukan di gunung Ijen yang berada di Jawa Timur. Tepatnya di apit oleh 3 Kabupaten. Yaitu, Kab Banyuwangi, Bondowoso dan Situbondo.

Ketinggian maksimum mencapai 2.443 mdpl. Cukup membuat Anda bisa menggapainya tanpa melakukan perjalanan selama beberapa hari.

View paling keren bisa dijumpai menjelang pagi hari. Untuk itulah, Anda disarankan melakukan pendakian di malam hari. Start pendakiannya berada di Ds Paltuding, Kecamatan Licin, Banyuwangi.

  • Bromo

Bromo sendiri berada di Jawa Timur. Menantang Anda dengan ketinggian sekitar 2.329 mdpl. Menawarkan keelokan gumul pasir serta sunrise terbaik.

Lokasinya berada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Mencapainya bisa dilakukan melalui kendaraan jeep ataupun kuda. Pemandangannya indah dengan rangkaian puncak pegunungan yang dikelilingi oleh awan.

Ketika ingin mengakses ke puncaknya, Anda bisa menjumpai kawah. Bila ingin menggapainya, Anda dituntut untuk berjalan melalui tangga cukup curam dan tinggi.

  • Papandayan

Puncak terindah di Indonesia yang selanjutnya ada di Papandayan. Gunung ini menawarkan banyak hal. Salah satunya ialah Tegal Alun. Tegal Alun sendiri merupakan sebuah tempat dimana Anda menemukan keeksotisan bunga edelweiss.

Selain itu, Anda bisa menemukan beberapa kawah. Diantaranya adalah Kawah Nangklak, Manu, Baru dan Kawah Mas. Masing-masing akan dijumpai di beberapa titik dalam jalur pendakian.

  • Prau

Nama gunung Prau ini telah tersohor ke belahan dunia. Kepopulerannya berasal dari keeksotisan pemandangannya. Yakni kemunculan golden sunrise yang dipandang terbaik di Asia Tenggara.

Pegunungan ini juga hadirkan padang rumput menghijau dengan barisan perbukitan indah. Salah satunya dinamai dengan bukit Teletubies.

Menariknya, pendakian ke puncak tidaklah menyulitkan. Medannya terbilang ramah, dan dibalut dengan ketingian sedang. Yakni di kisaran 2.565 mdpl. Di puncaknya, Anda juga bakalan menjumpai kokohnya pegunungan seperti Sindoro dan Sumbing.

  • Rinjani

Rinjani bisa dibilang sebagai pegunungan dengan pemandangan komplit. Hampir setiap pendaki berkeinginan untuk mengunjunginya. Hanya modal tekad dan biaya cukup, pendaki bisa merealisasikannya.

Letaknya berada di Lombok, NTB. Suguhannya antara lain sabana berupa bunga edelweiss, sunrise menawan, serta Danau Segara Anak.

Keunikannya ialah adanya gunung Barujari yang ditemukan di tengah danau segara anak. Danau ini berada di ketinggian 2000 mdpl. Orang mengenal G Barujari sebagai anak dari Rinjani.

  • Welirang

Gn Welirang sendiri juga cukup menawan. Menyajikan pemandangan khas. Yakni bebatuan dengan mengepulnya belerang.

Warga setempat biasanya mengumpulkan bebatuan dari sini. Lokasinya berada di perbatasan Mojokerto dan Malang. Ketinggiannya sendiri sekitar 3.156 mdpl.

Gunung Terendah Di Indonesia Untuk Pemula

Keindahan pegunungan memang mulai menarik perhatian masyarakat. Rekan alat mendaki bisa mengeksplor jauh di sana. Sebelum memulainya, baiknya taklukkan terlebih dahulu gunung terendah di Indonesia. Diantaranya sebagai berikut.

  • Gn Batur

Gn Batur termasuk dalam favorit pendaki pemula. Ketinggiannya hanya sekitar 1.717 mdpl. Bisa ditempuh selama 2,5 jam perjalanan. Namun keeksotisan alamnya tidak bisa dipandang remeh.

Panoramanya begitu indah dengan kaldera dengan danau Batur di pusatnya. Kaldera ini diklaim sebagai yang tercantik di dunia. Nah, lokasi Gunung ini berada di Kintamani, Bangli, Bali.

  • Gn Andong

Tak jauh dengan pegunungan sebelumnya, Gn Andong termasuk pilihan tepat bagi pendaki pemula. Ketinggian sekitar 1.726 mdpl cukup ditempuh sekitar 1-2 jam saja.

Lokasinya di Magelang, Jawa Tengah. Menyajikan keindahan puncak yang nyata. Menariknya, sumber mata air sangat mudah ditemukan.

Sayangnya, Anda mungkin menjumpai lalu lintas cukup padat di jalur sampai puncak. Terlebih jika memasuki hari libur atau weekdays. Karena memang banyak pendaki yang memutuskan untuk berkunjung di sini.

  • Gn Penanggungan

Gn Penananggungan disebut sebagai miniature Semeru. Memiliki ketinggian mencapai 1.653 mdpl. Untuk menggapai puncaknya, Anda perlu menghabiskan waktu sekitar 4 jam perjalanan.

Durasi perjalanan dinilai lama lantaran medannya memang ekstrim. Tapi, Anda akan menikmati perjalanan. Terutama jika melakukan pendakian melalui Jolotundo.

Di jalu ini, Anda bakalan menemukan sajian berbagai peninggalan sejarah. Yakni keberadaan beberapa candi khas di masa lampau.

  • Gn Batu Jonggol

Gn Batu Jonggol letaknya di Bogor,Jawa Barat. Tinggi puncaknya sekitar 875 mdpl. Menjadi pilihan pendakian bagi pemula lantaran medannya lebih mudah.

Ketika Anda berada di sini, suguhan yang ditemukan ialah samudera awan serta perbukitan hijau. Tentunya, sajian ini bakalan dijumpai manakala kondisinya mendukung.

  • Gn Nglanggeran

Gn Nglanggeran termasuk gunung berapi. Namun sudah tidak aktif beberapa tahun silam. Tingginya mencapai 700 mdpl. Lokasinya di Gunungkidul, Yogyakarta.

Pendakian ke puncaknya memakan waktu tidak kurang 1 jam. Di sini, Anda bisa mendirikan tenda jika ingin menikmati taburan bintang di langit malam.

Manakala Anda telah terbiasa melakukan pendakian, fisik akan terlatih. Tubuhpun telah terbiasa dengan suasana alam di pegunungan.

Jika merasa sudah cukup kuat dan punya perlengkapan memadai, Anda bisa menjajal pegunungan yang lebih menantang. Misalnya dengan mendaki di salah satu pegunungan tertinggi di Indonesia ini.

Itulah sekilas informasi terkait pegunungan terindah dan ramah bagi para pendaki. Apabila Anda gemar untuk berkegiatan di alam, daftar gunung di Indonesia yang disebut sebelumnya bisa Anda kunjungi.

Sending
User Review
5 (1 vote)