Pendaki Wajib Tahu Jika Mendaki Gunung Merbabu Jalur Selo

gunung merbabu jalur selo

Gunung Merbabu jalur selo, ini merupakan jalur terpopuler bagi pendaki. Para pendaki akan menemukan pemandangan paling indah. Setidaknya, inilah yang dikatakan oleh sebagian orang.

Pegunungan ini memiliki tiga puncak. Diantaranya adalah Puncak Kenteng Songo, Puncak Triangulasi dan Puncak Syarif. Dari kesekian puncaknya, Puncak Kenteng Songo yang paling diminati.

Ini tidak lain letaknya yang berada di tengah. Kemudian puncak ini memudahkan pendaki untuk melihat pemandangan indah secara menyeluruh. Contohnya adalah latar belakang Gunung Merapi yang berdiri tegak di depannya.

Untuk melakukan pendakian sampai Puncak Merbabu, pendaki bisa memilih beberapa jalur. Diantaranya adalah Merbabu via Selo, Suwanting, Kopeng Chuntel, Wekas, dan Kopeng Thekelan.

Di sini, kami hanya akan mengulas tentang jalur pendakian Merbabu via selo. Jalur ini yang banyak dilewati pendaki.

Basecamp Gunung Merbabu Jalur Selo

Jalur Selo memang favorit. Letaknya berada di Boyolali. Basecampnya berada di desa Genting, Selo.

Untuk mencapai basecamp awal, pendaki bisa melakukan perjalanan menggunakan alat transportasi umum. Misalnya adalah bus. Naiklah bus jurusan Magelang Boyolali. Jika sudah, pastikan turun sampai di Pasar Selo.

Sesampainya di pasar Selo ini, sobat punya dua opsi. Pertama adalah menggunakan ojek sampai basecamp. Karena dari pasar ini, tidak ada lagi angkutan umum selain ojek. Kedua adalah berjalan. Namun disarankan agar menggunakan ojek lantaran jaraknya cukup jauh.

Selain urusan alat transportasi, pendaki juga perlu memperhatikan logistic. Perlu diketahui jika Gunung Merbabu jalur selo ini tidak menyediakan sumber air di sepanjang jalur. Sobat harus pintar dalam mengatur persediaan air ini.

Selain persediaan air, makanan juga harus dipastikan cukup. Persediaan air dan makanan ini bisa dibeli di pasar Selo. Ini jika Anda menghendaki pengeluaran biaya yang lebih murah.

Kemudian pastikan untuk memperhatikan kekuatan fisik. Setidaknya, sobat membutuhkan kurang lebih 9 jam untuk menggapai puncaknya. Jadi, bisa dipastikan jika Anda akan merasa kelelahan sehingga butuh istirahat sejenak di beberapa pos.

Jalur Pendakian Gunung Merbabu Via Selo

Ketinggian gunung merbabu sekitar 3.145 mdpl (source: https://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Merbabu). Gunung ini meletus beberapa kali dan belum ada konfirmasi pasti akan perubahannya. Ada beberapa sumber di internet yang mengatakan ketinggiannya sekitar 3.142 mdpl.

Untuk mencapai puncaknya, pendaki bisa memilih jalur Selo. Setidaknya, pendaki akan melalui beberapa medan berikut ini.

  • Basecamp selo – pos 1

Karakteristik medannya adalah jalurnya datar sedikit menanjak. Pemandangan awal yang akan ditemukan pendaki adalah jejeran hutan pinus yang menghijau. Estimasi waktu yang dibutuhkan sekitar 2,5 jam.

  • Pos 1 – pos 2

Medannya masih terbilang landai. Namun setelah akan sampai di pos kedua, sobat akan berjalan cukup payah. Yakni tanjakan yang menandai dekatnya pos kedua tersebut.

Jika sobat capek, silahkan istirahat sejenak. Pos 2 ini memiliki lahan yang luas, cocok sekali untuk mendirikan tenda. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke pos 2 sekitar 2 jam 30 menit.

  • Pos 2 – pos 3

Untuk mencapai pos ketiga, perjalanan akan ditempuh sekitar 1 jam. Jalurnya didominasi oleh jalur menanjak. Sesampainya di pos 3, sobat juga bisa istirahat sejenak.

Di sini, sobat alatmendaki akan melihat gunung merapi yang diselimuti dengan awan. Dengan catatan, cuacanya cerah dan tidak terhalang oleh kabut.

  • Pos 3 – sabana 1

Gunung Merbabu jalur selo yang selanjutnya inilah yang paling melelahkan. Pendaki butuh waktu kurang lebih 2 jam sampai sabana 1.

Karakteristik medannya didominasi oleh tanjakan ekstrim. Kemiringan tanjakan sekitar 60 derajat.

Meskipun begitu, pendaki bisa tetap tersenyum. Pasalnya, sepanjang jalur disuguhi oleh keindahan bunga edelweiss. Bahkan saat sampai di sabana 1 ini, pendaki bisa melihat sunset yang indah. Kalau tepat waktunya.

Di sabana 1 ini, lahannya hijau dan luas. Pendaki biasanya mendirikan tenda sejenak. Bahkan ada yang hanya sampai di sini. Itupun sudah sangat senang lantaran pemandangannya begitu menawan.

  • Sabana 1 – sabana 2

Lanjut perjalanan sampai sabana 2. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai di sabana 2 sekitar 1 jam. Medannya adalah naik turun bukit. Tapi tenang saja, tanjakannya tidak terlalu ekstrim sehingga tidak begitu melelahkan, dengan catatan telah istirahat di sabana 1.

  • Sabana 2 – puncak merbabu

Waktu yang dibutuhkan sekitar 2 jam. Karakteristik medannya adalah menurun, landai, dan menanjak. Pokoknya jalurnya komplit.

Biasanya para pendaki akan istirahat sebentar. Mendirikan tenda di tempat terakhir sebelum summit. Namanya adalah di Watu Lumpang.

Baru setelah jam 3, pendakian akan dimulai kembali. Akhirnya, pendaki sampai di puncak. Pendaki  bisa melihat sunrise yang memerah malu-malu dari ujung timur.

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan tentang Gunung Merbabu jalur selo. Kurang lebihnya, sobat bisa menuliskan dalam kolom komentar.

Sending
User Review
0 (0 votes)