Gunung Prau Via Kalilembu (Lebih Cepat n Ringan) Cek Rutenya!

gunung prau via kalilembu

Gunung Prau via Kalilembu merupakan jalur lama. Letaknya berada di Desa Kali Lembu. Menjadi jalur tercepat dan nyaman untuk pendakian.

Waktu yang dibutuhkan pendaki sekitar 2 jam. Berawal dari basecamp kalilembu, berakhir di puncak gunung prau.

Meskipun cepat, banyak pendaki yang lebih suka jalur lainnya. Contohnya adalah jalur dieng. Sepinya pendaki tak lain disebabkan oleh tempatnya yang terapit oleh jalur pendakian lainnya.

Bayangkan saja, jalur gunung prau via kalilembu ini letaknya di tengah-tengah jalur pendakian lainnya. Kalau pendaki masuk dieng, basecamp terdekat adalah jalur dieng. Kalau datang di jalur selatan, pendaki lebih dekat dengan jalur Patak Banteng.

Namun buat Anda yang ingin mendaki dengan nyaman (tidak disesaki pendaki), jalur Kalilembu jawabannya. Nah, bagaimana mencapainya dan seperti apa rute pendakian di jalur tersebut?

Basecamp Gunung Prau Via Kalilembu

Basecamp Kali Lembu ini letaknya berada di desa Kali Lembu, Kec. Kejajar Kab. Wonosobo. Ini merupakan jalur pendakian yang terbilang paling dekat. Cukup membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan untuk mencapai puncaknya.

Supaya bisa sampai di basecamp tersebut, Anda bisa datang menggunakan bus. Dari arah mana saja, silahkan gunakan kendaraan umum sampai di terminal Mendolo, Wonosobo.

Sesampainya di terminal, calon pendaki punya beberapa opsi. Mau menaiki kendaraan roda dua (ojek), atau menaiki angkutan umum atau elf. Kendaraan tersebut siap mengantarkan sampai basecamp tersebut.

Jalur Pendakian Prau Via Kalilembu

Prau via kalilembu ini memang memberikan ketenangan batin. Perjalanan akan semakin nyaman lantaran jalur ini lebih sepi. Cocok sekali untuk menghindari ramainya antrian saat mau mendaki.

Melakukan pendakian di kawasan ini cukup mudah dengan petunjuk arah yang jelas. Beberapa pos tersedia, memberikan pendaki pemahaman jika jalur yang ditempuhnya benar.

Pendakian Prau via Kalilembu ini diawali dari basecamp menuju pos pertama. Perjalanan dimulai dengan melewati ladang warga. Pendaki juga akan memasuki jalanan setapak, karakternya mirip seperti anak tangga. Ini memudahkan Anda untuk mendaki.

Tapi jangan dianggap enteng. Butuh tenaga ekstra. Pasalnya, jalurnya terus menanjak sampai akhirnya menuju pos pertama.

Sampai di pos pertama, lanjutkan ke pos 2. Jalur Gunung Prau via Kalilembu di pos ini mulai memberikan kebahagiaan. Jalanan landai akan dilewati sebelum mampir ke pos 2. Menariknya lagi, mata disegarkan dengan jejeran pohon pinus.

Setelah sampai di pos 2, pendakian mulai berat kembali. Medannya menanjak dan lebih terjal dibandingkan pertama kali memulai perjalanan. Setelah bersusah payah, sampailah di pos 3 yang disebut dengan pos Ranger dan Rescue.

Ingat, di sini pendaki tidak boleh mendirikan tenda. Tenda hanya dikhusukan oleh Tim Ranger saja.

Pos Ranger ini persis di persimpangan. Ambil arah kanan, Anda akan sampai di puncaknya. Sementara bila Anda mengambil kiri, Anda akan kembali. Karena ini adalah jalur dimana bertemunya dengan pendaki asal basecamp dieng.

Setelah sampai di puncak, barulah Anda bisa berfikir untuk mendirikan tenda. Carilah tempat yang bagus dan aman. Silahkan istirahat kelelahan Anda, atau bisa mengisi perut untuk mengembalikan tenaga yang habis terkuras.

Paginya, Anda bisa merencanakan untuk melihat sunrise di puncak prau. Ini akan menjadi pengalaman yang menarik. Jadi, pastikan untuk mengabadikannya.

Akhirnya, jika Anda ingin mendaki lebih cepat dan nyaman (sepi), tak salah bila memilih jalur Kali Lembu. Atau, Anda juga bisa memilih jalur lain semisal via wates yang tergolong masih baru dan sepi. Namun untuk urusan waktu tempuh, Gunung Prau via Kalilembu ini lebih cepat darinya.

Sending
User Review
0 (0 votes)