Gunung Sindoro Via Kledung, Lebih Cepet (Stamina No 1)

Sindoro Via Kledung

Gunung Sindoro via Kledung menjadi pilihan sebagian besar pendaki. Hal ini merujuk pada cepatnya pendakian, dan sajian pemandangan yang lebih menawan.

Ketika pendakian menuju puncak Sindoro dibuka, banyak pendaki mulai mempersiapkan dirinya. Baik itu fisik, perlengkapan, sampai rute yang akan dilewati.

Kredit khusus untuk jalur pendakian sindoro. Para pendaki banyak memilih untuk lewat Kledung. Basecamp ini telah lama ada. Memiliki tingkat kesulitan yang minim, dan lebih aman jika pendaki mengikuti aturan dengan tertib.

Catatan Mendaki Gunung Sindoro Via Kledung

Sindoro memang punya beberapa jalur. Tapi yang paling populer adalah via Kledung ini. Selain cepatnya jarak tempuh, akses jalan menuju basecampnya juga lebih mudah.

Bisa dikatakan Sindoro Via Kledung ini sangat pas dijadikan pilihan. Dengan catatan pendaki tidak berjejalan di jalurnya. Karena memang favorit, pendaki akan lebih sering berpapasan dan ramai-ramai melakukan pendakian.

Di sini, kami akan berbagi hal yang mungkin perlu pendaki ketahui kala melalukan pendakian Sindoro melalui jalur Kledung ini.

  • Musim Kemarau Adalah Waktu Terbaik Untuk Mendaki

Bisa dibilang gunung ini ramah menerima tamu. Cuaca ekstrim seperti hujan deras tentu lebih kecil. Namun harus hati-hati juga. Pasalnya, gunung ini sering mengalami kebakaran.

Walaupun begitu, musim kemarau dinilai lebih pas. Selain perjalanannya akan lebih enak, potensi tertutup kabut lebih kecil. Sunrise yang dicari juga akan terlihat.

  • Ga Ada Sumber Air

Sedari awal, para pendaki wajib menyediakan air sendiri dari bawah. Pasalnya, trek yang pendaki lalui tidak menyediakan sumber air seperti di jalur lainnya.

Lamanya perjalanan mendaki bakalan menggagalkan pendaki sampai tujuan. Memang lebih cepat perjalanannya dibandingkan jalur lainnya.

Minimal, pendaki akan menghabiskan 7-8 jam perjalanan santai menuju puncak sindoro. Bisa dibayangkan berapa banyak air yang akan Anda gunakan? Coba perkirakan sendiri.

Oh ya, biasanya kalau rame, pendaki bisa juga membeli air di Pos 3. Biasanya warga setempat ada yang menjualnya. Khususnya kalau sedang ramai.

Tapi ya, persiapan dari bawah jauh lebih bijak. Siapa tahu Anda ga kebagian air. Rugi sendiri bukan?

  • Tempat Ngecamp Asyik Cuma di Pos 3 dan Sunrise Camp

Lahan luas dan lebih aman dari terpaan angin malam hanya terdapat di pos 3. Kalau mau lebih enak, naik beberapa meter sampai sunrise camp.

Di sinilah para pendaki biasa mendirikan tendanya. Tentunya untuk istirahat sejenak. Yakni sebelum benar-benar mendaki.

Tapi kalau ga kebagian tempat, mau gimana lagi. Naik ke pos 4 dimana Anda bakalan ditemani sabana yang cantiknya aduhai.

Basecamp Gunung Sindoro Via Kledung

Basecamp Kledung sendiri letaknya berada di Dusun Kledung, Temanggung Jawa Tengah. Basecamp ini persis di pinggiran jalan. Di situ, ada tanda pohon besar disampingnya.

Para pendaki bisa makan terlebih dahulu ataupun istirahat. Terutama ketika kecapekan setelah perjalanan yang melelahkan di dalam kendaraan. Atau, kelelahan setelah turun mendaki Sindoro.

Bagi calon pendaki gunung sindoro, anda bisa datang dari arah manapun untuk sampai di basecamp kledung kabupaten Temanggung Jawa Tengah ini. Bagaimana caranya?

Jika anda dari arah Semarang, naiklah kendaraan umum menuju Wonosobo. Rutenya diawali dari Semarang, Sumowono, Temanggung dan basecamp di dusun Kledung.

Sementara calon pendaki yang datang dari arah Jakarta, rutenya cukup jauh. Naikilah Bus jurusan Jkarta Wonosobo, dan turun di Terminal Mendolo Wonosobo.

Setelah itu, naik kembali ke bus menuju Temanggung. Sampai akhirnya, turun di dusun Kledung.

Kurang lebih tandai tempat mana saja yang akan dilewati. Ini memudahkan anda kalau mau bertanya kalau mengalami kendala.

Rute Pendakian Gunung Sindoro Via Kledung

Sesampainya di basecamp, ada baiknya mengisi tenaga ataupun istirahat dahulu. Tujuannya adalah untuk mengembalikan stamina. Karena pendakian ke puncak gunung sindoro cukup melelahkan.

Setelah stamina sudah kembali, anda bisa memulai pendakian saat itu juga. Tentunya setelah melakukan pendaftaran. Untuk urutan dari jalur pendakian Sindoro via Kledung ini kurang lebih seperti ini.

Basecamp ke pos 1

Perjalanan dari basecamp dimulai. Para pendaki akan melewati perkebunan warga. Tipikal medannya masih bagus. Bebatuan di jalanan tertata rapi. Menjadi tempat lalu lalang warga saat pergi ke perkebunan.

Setelah melewati perkebunan, para pendaki akan memasuki hutan. Sekitar 1,5 jam berjalan, sampailah pendaki ke pos pertama.

Khusus buat pendaki yang ingin menyimpan tenaganya, pendaki bisa memanfaatkan jasa ojek. Para ojek sekitar akan mengantarkan sampai pos 1 saja. Biayanya bisa ditawar sendiri, kami tidak tahu jumlahnya.

Pos 1 ke pos 2

Rute selanjutnya adalah memasuki hutan semakin dalam. Bebatuan yang tadinya terlihat mulai berubah menjadi tanah. Medan tanah ini menjadi tanda jika pendaki sudah memasuki hutan.

Waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam. Dan sampailah pendaki di pos 2 Cawang. Di pos ini sudah ada penanda, berupa bangunan seadanya dari kayu.

Pos 2 ke pos 3

Masih dengan trek tanah, pendaki diharuskan berhati-hati. Terutama jika ada aliran air hujan.

Perjalanan akan memakan waktu sekitar 2 jam. Cukup melelahkan. Sampailah di pos 3 Seroto. Istirahat bisa dilakukan, misalnya dengan mendirikan tenda.

Pos 3 ke pos 4

Jalanan menanjak sudah mulai terlihat. Pendaki wajib melewatinya, setidaknya ini menantang kemampuan fisik pendaki.

Setelah melakukan perjalanan sekitar 1,5 jam, pendaki akan melihat batu bertumpuk dengan rapinya. Ukurannya cukup besar. Batuan tersebut dinamakan dengan Batu Tatah. Dan menjadi tanda jika sudah sampai di pos 4.

Pos 4 ke Puncak

Pendakian terus menanjak, karena semakin dekat dengan puncak. Namun tak usah khawatir, pemandangannya sangat indah.

Sekitar 1,5 jam mendaki, sampailah di Segoro Wedi. Kemudian mencapai puncak yang mana diimpikan sebelumnya.

Estimasi waktu keseluruhan bisa sampai 7 jam. Namun bisa dipangkas sampai 4-5 jam. Tergantung kemampuan pendakian anda. Misalnya apakah lebih sering istirahat atau tidak, kemudian ritme perjalanannya cepat atau lambat.

Itulah sekilas mengenai jalur pendakian gunung sindoro via kledung. Biasanya akan ramai pendaki. Jika terlalu rame, ada baiknya memilih rute lainnya atau mendaki pegunungan di Indonesia lainnya.

Sending
User Review
0 (0 votes)