Jalur Pendakian Gunung Jaya Wijaya Yang Akan Dilewati Pendaki

jalur pendakian gunung jaya wijaya

Pemahaman tentang jalur pendakian gunung jaya wijaya sangat diperlukan. Terutama bagi sobat yang baru akan melakukan pendakian di puncak impian setiap pendaki ini.

Sebelum melakukan pendakian, dapatkan perizinan terlebih dahulu. Perizinan di kawasan ini memang lebih rumit. Karena gunung ini termasuk kawasan PT.Freeport.

Kami tidak akan mengulas bagaimana mendapatkan perizinannya. Sobat bisa mencarinya di berbagai sumber.

Setelah mendapatkan perizinan, sobat selangkah lagi akan mewujudkan harapan. Ya, sobat alat mendaki bisa menguji kemampuan mendaki di puncak Jaya ini.

Misteri Gunung Jaya Wijaya Papua

Jayawijaya menjadi salah satu kawasan pegunungan yang berada di Papua. Puncaknya merupakan salah satu impian bagi setiap pendaki professional. Karena memang puncaknya merupakan puncak tertinggi di Indonesia maupun Asia.

Dibalik kemegahan gunung tertinggi di Papua ini, tersimpan sebuah misteri yang pantas untuk dikulik. Misteri gunung Jaya Wijaya nampaknya menarik minat setiap orang. Tak jarang jika banyak yang penasaran tentang gunung yang berdiri kokoh di bumi nusantara ini.

Apa saja fakta/misteri yang ada di gunung tersebut?

  • Dulunya Merupakan Dasar Laut

Ini merupakan kuasa ilahi. Puncak gunung tertinggi di Asia ternyata adalah sebuah dasar laut. Ini dibuktikan dengan banyaknya temuan benda-benda khas di dasar lautan. Diantaranya adalah fosil rumah kerang.

Merujuk pada teori geologi, pulau Papua sendiri terbentuk dari unsur batuan sediman sekitar 60 juta tahun yang lalu. Dan kawasan tersebut asal mulanya adalah sebuah dasar lautan.

Pengendapan tanah yang terjadi terus-menerus kemudian menciptakan daratan baru. Namun begitu, prosesnya memakan waktu yang sangat lama.

Kemunculan puncak Papua yang menjulang tinggi ini juga dipengaruhi oleh aktifitas tektonik dari bawah laut. Sedimentasi dan aktifitas tektonik inilah yang membentuk sebuah daratan tinggi Papua.

Teori ini dibuktikan dengan fakta yang ada di lapangan. Buktinya adalah adanya batuan klastik dan gamping yang terdapat di puncak gunung tersebut.

Menariknya lagi, Papua tergolong sebagai pulau baru. Setidaknya, ini merujuk pada penamaannya, New Guinea (Pulau Baru).

  • Gunung Bersalju Satu-Satunya di Atas Garis Katulistiwa

Hampir setiap orang sepakat jika daratan yang dilewati garis katulistiwa itu beriklim tropis. Dan hampir tidak mungkin jika kawasan tersebut akan dituruni oleh salju.

Namun begitu, teori terbantahkan dengan kemunculan puncak Jaya wijaya ini. Salju begitu indah dan tetap di puncaknya.

Para ahli Geologi tentu saja sangat penasaran dengan kuasa Tuhan ini. Sampai saat ini, sejumlah penelitian masih sering dilakukan.

Dan bagi para pendaki, gunung Jaya Wijaya tentu saja menjadi gunung yang diimpikan untuk dikunjungi. Kenapa? Tentu saja karena keunikannya dan pesona alam yang indah, serta ketinggiannya yang luar biasa.

  • Salju Puncak Jaya Papua Mulai Terkikis

Puncak gunung tertinggi di bumi nusantara yang terbanyak ada di Papua. Selain puncak Jaya, masih ada puncak Mandala di Papua dan Trikora. Ketiganya membentuk barisan puncak yang sangat menawan dan bersalju.

Dari ketiga puncak gunung bersalju, hanya Puncak Jaya Wijaya yang masih diselimuti oleh Salju. Sementara kedua puncak yang terakhir sudah hilang saljunya.

Tercatat salju hilang di Trikora pada tahun 1936. Sementara puncak Mandala kehilangan saljunya di tahun 2003 silam.

Kini, Puncak Jaya juga diprediksi akan sama seperti kedua puncak tertinggi di Papua tersebut. Ini dibuktikan dengan semakin menipisnya volume salju di puncak tersebut.

Hal ini didukung dengan sebuah penelitian di tahun 2010 silam. Hasil penelitian menyebutkan kalau salju di puncak tersebut mencair setiap tahunnya. Bahkan penelitian yang dipimpin oleh Lonnie Thompson menjelaskan kalau setiap tahunnya salju di puncak Jaya menipis sekitar 5 meteran ketebalannya.

  • Puncaknya Mengalami Penurunan

Sempat berdiri dengan kokoh dengan ketinggian sampai 5000 mdpl, kini puncak tersebut sudah tidak lagi setinggi di masa lampau. Alasannya adalah salju yang menyelimutinya terus mencair.

Ketinggian 5000 mdpl tercatat di tahun 1936. Akibat dari pencairan selama beberapa tahun, ketinggiannya kini tercatat di kisaran angka 4.862 mdpl. Dan bisa saja terus menurun lantaran salju tebal yang menyelimutinya terus mencair.

  • Dulunya Dikenal Dengan Sebutan Cartenz Pyramid

Sebelum dikenal sebagai puncak Jaya, puncak ini dikenal dengan sebutan Cartenz Pyramid. Tepatnya ketika bumi nusantara dikuasai oleh Belanda.

Penamaan ini disematkan untuk menghormati orang yang diklaim sebagai penemu pertama puncak gunung tersebut. Tepatnya di tahun 1623 oleh Cartenz yang berdarah Belanda.

Setelah itu, namanya berganti menjadi puncak Soekarno. Tapi setelah pembebasan Papua, mantan presiden RI tersebut menggantinya dengan nama Jayawijaya.

Tercatat, puncak ini memiliki banyak penyebutan. Diantaranya adalah Nemangkawi, Ngga Pulu, Ndugundugu, Piramida Carstensz, sampai Puncak Jayadikusuma.

Jalur Pendakian Gunung Jaya Wijaya Papua

Ada dua cara yang bisa dilakukan oleh pendaki. Pertama adalah menggunakan heli sampai di kawasan terdekat. Kedua adalah dengan trekking dari jalur darat.

  • Pendakian Gunung Jaya Wijaya Menggunakan Heli

Dari arah manapun, sobat harus datang di Timika terlebih dahulu. Ketika menggunakan helikopter, sobat akan lebih cepat untuk mencapai basecamp terdekat. Hanya saja, sobat perlu mengeluarkan biaya lebih besar.

Perjalanan awal dilakukan dengan menyewa Helikopter dari Timika atau Enarotali. Sobat pendaki akan diantarkan sampai Yellow Valley Basecamp. Basecamp ini termasuk yang paling dekat dengan puncak carstensz.

Waktu yang dibutuhkan dari kota Timika sampai yellow valley sekitar 15 menitan. Cukup cepat karena memang menggunakan jalur udara.

Setelah sampai di basecamp, sobat baru melakukan pendakian yang sebenarnya. Sobat membutuhkan bantuan peralatan untuk memanjat. Jadi, sediakan peralatan atau sewa agar bisa sampai puncaknya.

  • Pendakian Gunung Jawa Wijaya Dengan Trekking

Cara yang kedua untuk menekan biaya adalah trekking. Pertama kalinya, sobat perlu datang di Timika atau Nabire. Baru dilanjutkan melakukan perjalanan menuju desa Ilaga atau Sugapa. Perjalanan setidaknya akan memakan waktu sekitar 45 menitan.

Sesampainya di desa yang dimaksud, perjalanan akan dilanjutkan ke carstensz pyramid basecamp. Sobat pendaki memulai trekking dengan melewati hutan savannah serta danau. Waktu yang dibutuhkan sekitar 5-6 harinan.

Perjalanan masih sangat panjang. Pendaki butuh istirahat dan menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Perjalanan berlanjut dengan melakukan perjalanan melewati danau biru. Kemudian dilanjutkan sampai lembah-lembah danau, dan terakhir adalah sampai di yellow valley.

Ketinggian yellow valley sendiri di kisaran 4300 mdpl. Artinya, pendakian sudah lebih dekat ke puncaknya.

Biasanya, para pendaki tidak langsung melakukan pendakian sampai puncaknya. Tetapi, pendaki mengupayakan adaptasi dengan lingkungan di basecamp yellow valley terlebih dahulu. Biasanya memakan waktu 1-2 hari sebagai bagian dari aklimatisasi.

Kemudian pendakian sebenarnya akan dilakukan. Sobat bisa memanjat sampai puncak carstensz. Waktunya kurang lebih 5-6 jam.

Pertama diawali dengan memanjat tebing es sekitar 40 meteran. Peralatan dan teknik memanjat sangat dibutuhkan.

Setelah melewatinya, sobat akan menemukan padang es gletser. Di sini, sobat disarankan untuk berjalan beriringan dengan kelompok pendakian. Setidaknya, pendaki akan bergantungan pada tali untuk menyeberangi jurang es setinggi 100 meteran. Selesai.

Perlu diingat bahwa menuju ke desa Sugapa membutuhkan pesawat perintis. Pesawat ini nantinya akan membawakan barang bawaan pendaki. Biayanya sekitar 1 juta rupiah.

Selain itu, sobat juga butuh porter. Kisaran biayanya sekitar 1 juta rupiah perhari. Jadi, pastikan untuk memiliki budget besar bila ingin mendaki puncak jaya papua ini.

Akhirnya, jika ingin lebih cepat mendaki, memanfaatkan heli sampai basecamp terakhir adalah pilihan tepat. Sementara bagi yang ingin mendapatkan pengalaman tambahan, trekking berhari-hari bisa dipilih. Itulah kurang lebih informasi tentang jalur pendakian gunung jaya wijaya.

Sending
User Review
0 (0 votes)