Jalur Pendakian Gunung Rinjani Via Sembalun Lawang

Jalur pendakian gunung rinjani via sembalun

Jalur pendakian gunung rinjani via sembalun tergolong paling rame dan aman. Rute ini banyak dilewati oleh para pendaki. Karena jalur tersebut merupakan jalur resmi.

Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi ketujuh di nusantara. Dan pegunungan ini menempati posisi kedua pada kategori gunung berapi tetinggi di Indonesia. Ketinggiannya sekitar 3.726 mdpl.

Setiap tahun, gunung ini dikunjungi oleh para pendaki. Alasannya adalah gunung ini menyajikan pemandangan yang komplit. Mulai dari padang savanna, danau yang menyerupai lautan, goa alam, sampai sunrise dan sunsetnya.

Untuk menggapainya, ada beberapa jalur yang bisa dilewati pendaki. Diantaranya adalah rinjani via sembalun lawang, rinjani via torean dan rinjani via desa senaru.

Dari kesekian jalur ini, kami hanya akan mengulas informasi tentang jalur mendaki gunung rinjani via sembalun lawang. Kenapa? Karena jalur ini resmi, banyak pos yang akan ditemui sehingga lebih aman.

Catatan Pendakian Gunung Rinjani Via Sembalun

Keindahan alam di gunung Rinjani ini memang tidak terbantahkan. Bahkan, gunung ini merupakan gunung tercantik di Indonesia. Pasalnya, banyak keelokan gunung yang tidak ditemukan di gunung lainnya.

Ada beberapa hal yang sebaiknya menjadi perhatian pendaki. Pertama, pendakian di gunung rinjani termasuk berat. Ini dimulai saat akan memasuki pos pertama. Pendaki sudah diuji dengan medan yang menyita perhatian.

Perjalanan akan tambah berat ketika akan melakukan summit terakhir. Makanya, diperlukan persiapan fisik yang benar-benar prima.

Kedua adalah terik matahari akan menyengat. Perjalanan Anda akan ditemani oleh panasnya suasana. Terutama ketika sobat memasuki area padang savanna.

Ketiga adalah Anda akan bertemu dengan kera liar yang biasanya meminta jatah makan. Terutama ketika sobat berada di pos ketiga. Jadi, biasakan untuk menyimpan logistic dengan baik karena kera ini bisa masuk ke tenda.

Jalur Pendakian Rinjani Via Sembalun

Sembalun Lawang akan menjadi tujuan utama Anda. Tentunya sebelum Anda melakukan perjalanan sampai ke puncak Rinjani.

Pertama kalinya, Anda perlu datang ke pintu masuknya. Pintu masuk ini terletak di desa Senaru Kecamatan Sembalun. Lengkapi perizinan dan laporkan berapa jumlah anggota dan logistic yang dibawa.

Selanjutnya, mulailah pendakian sampai pos 1, 2 dan 3. Petunjuk arahnya sangat jelas. cukup ikuti petunjuk yang diberikan oleh petugas.

Lamanya perjalanan dari pintu masuk ke pos pertama sekitar 2 jam. Sementara dari pos pertama ke pos kedua sekitar 1 jam. Dan pos ke 2 samai pos ke 3 membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Dari pos ketiga ini, silahkan lanjutkan perjalan ke Plawangan. Waktu yang dibutuhkan sekitar 5 jam. Ini yang akan menguras tenaga.

Sampai di Plawangan, siapkan mental dan isi tenaga. Karena Anda akan mulai benar-benar mendaki sampai puncak Anjani/Rinjani ini. Jaraknya sekitar 1 km, namun membutuhkan waktu sekitar 2 jam karena treknya amat berat.

Demikianlah informasi singkat tentang jalur pendakian gunung rinjani via Sembalun Lawang.

Sending
User Review
0 (0 votes)