Jalur Pendakian Gunung Ungaran Via Mawar

Jalur Pendakian Gunung Ungaran Via Mawar

Jalur pendakian Gunung Ungaran terbagi menjadi beberapa, salah satunya adalah gunung ungaran via mawar. Jalur ini merupakan favorit pendaki. Pasalnya, medannya lebih landai dan tidak memakan waktu.

Gunung Ungaran sendiri termasuk gunung tertinggi di Jawa Tengah. Lokasinya berada di Ungaran, Kabupaten Semarang. Ketinggiannya mencapai 2.050 mdpl.

Puncak dengan ketinggian tersebut tentunya lebih ramah untuk para pemula. Meskipun begitu, Anda tidak bisa menganggap remeh. Karena tantangannya akan muncul ketika akan mencapai puncaknya.

Gambar Gunung Ungaran Semarang

Pegunungan ini sebenarnya adalah kawasan wisata. Banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan alam. Bahkan di sekitarnya, ada beberapa tempat wisata yang begitu ramai. Diantaranya adalah Candi Gedongsongo dan Umbul Sidomukti.

Bagi pendaki, keindahan alamnya perlu dieksplor lebih dalam. Contohnya adalah berupaya untuk menemukan pemandangan nan menenangkan di puncak Gunung Ungaran.

Ada beberapa keindahan yang akan dilihat oleh pendaki. Diantaranya adalah pemandangan kota semarang, sunrise, serta perkebunan teh dan pepohonan rindang nan menyejukkan.

Keindahan ini bisa didapatkan setelah Anda melakukan pendakian. Salah satu jalur yang bisa dipilih adalah jalur pendakian Gunung Ungaran Via Jimbaran. Jalur ini lebih dikenal dengan ungaran via mawar. Karena memang jalur ini basecamp awalnya ada di POS MAWAR.

Jalur Pendakian Ungaran Via Mawar

Jika Anda berniat untuk menapaki puncak Ungaran Semarang, maka cara pertama adalah memahami rute atau jalurnya. Di sini, Anda diajak untuk memilih jalur menuju basecamp mawar Ungaran. Rutenya adalah sebagai berikut.

  • Gunakan transportasi umum atau semacamnya menuju pasar Jimbaran (arahnya sama persis menuju umbul sidomukti)
  • Gunakan ojek atau berjalan sampai basecamp mawar
  • Daftarkan diri dan kelompok di basecamp awal
  • Lakukan pendakian dari basecamp menuju pos 1, 2, 3
  • Lanjutkan perjalanan menuju kebun teh
  • Mulai pendakian sesungguhnya ke puncak Gunung Ungaran Semarang

Perlu diingat, sumber mata air hanya terdapat pada pos 1-3. Tepatnya di pertengahan jalan antara pos 1 dan 2. Kemudian sumber air terakhir akan ditemukan di pos 3. Tepatnya terdapat sebuah kolam renang dan shelter untuk berteduh.

Estimasi Pendakian Gunung Ungaran Via Mawar

Jika Anda menggunakan Jalur Pendakian Gunung Ungaran melalui basecamp mawar, waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama. Minimal jarak tempuhnya kurang lebih 3 jam. Perhitungannya adalah sebagai berikut.

  • Perjalanan dari basecamp Gunung Ungaran mawar sampai ke pos 1 sekitar 15 menitan
  • Dari pos 1 ke pos 2 sekitar 25 menitan
  • Dari pos 2 ke pos 3 sekitar 20 menitan
  • Dari pos 3 ke kebun teh sekitar 10 menitan
  • Summit ke puncak sekitar 1 jam 30 menitan

Kedatangan Anda dari arah Semarang dan sekitarnya tidak masuk hitungan. Dan jarak tempuh ini bisa bertambah jika Anda sering berhenti. Entah itu istirahat, atau sekedar ambil gambar.

Tips Mendaki Gunung Ungaran Via Mawar

Buat Anda yang baru pertama kali mendaki, ada beberapa tips yang bisa dipraktekkan. Tips ini bisa membantu dalam memberikan rasa aman dan nyaman saat melakukan pendakian. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Siapkan logistic secukupnya saat masih berada di basecamp mawar, toh banyak warung yang tersedia
  • Isilah persediaan air di beberapa sumber yang tersedia, namun akan bagus jika Anda menyediakan sendiri dari perjalanan semisal air dalam kemasan (air gallon)
  • Pertimbangkan cuacanya apakah mendukung atau tidak saat summit
  • Dirikan tenda di belakang puncak gunung, sebaliknya jangan dirikan tenda di puncaknya untuk menghindari terpaan angin kencang

Selain itu, pastikan untuk menjaga keseimbangan tubuh. Khususnya bila tiba-tiba hujan. Karena jalanan akan sangat licin, terutama ketika memasuki area puncak.

Akhirnya, jika Anda ingin menikmati keindahan Gunung Ungaran, cara cepat dan mudah untuk mendapatkannya adalah dengan mendaki. Dan Jalur Pendakian Gunung Ungaran yang paling cepat adalah melalui basecamp mawar ini.

Sending
User Review
0 (0 votes)