Keelokan Gunung Rinjani Sebagai Gunung Vukanik Aktif Di Indonesia

gunung rinjani

Gunung Rinjani termasuk gunung vulkanik aktif. Gunung ini menawarkan keindahan alam yang menawan. Pesonanya menyihir mata. Tidak heran jika jika para pecinta alam membanjiri kawasan Indonesia ini sepanjang tahun. Tepatnya di bulan Juli-Agustus.

Keindahan alam sudah ditasbihkan sendiri pada gunung ini. Klaim ini memang bukan tanpa sebab. Bahkan, para pendaki menganggap Rinjani adalah gunung terbaik yang menghadirkan pemandangan alam yang mempesona di Indonesia.

Gunung ini menyajikan banyak area yang menyilapkan mata. Hadir di kawasan ini bisa memberikan angin segar. Kenangan indah akan selalu terbayangkan. Makanya, banyak pendaki yang pernah menjajalnya akan ketagihan.

Gambaran Gunung Rinjani Di Lombok

Rinjani sendiri adalah gunung berapi yang masih aktif di Indonesia. Ketinggiannya mencapai 3.726 mdpl. Ini menjadikan Rinjani sebagai gunung berapi tertinggi kedua di nusantara.

Lokasinya berada di Pulau Lombok, NTB. Gunung ini masuk dalam kawasan Taman Nasional. Luas keseluruhan sekitar 76.000 hektar ke arah barat dan timur.

Sebagai kawasan taman nasional, Rinjani tidak hanya populer bagi para pendaki. Tetapi lebih pada wisatawan yang ingin melihat keindahan alamnya.

Pendakian biasanya dilakukan oleh kalangan pecinta alam di seluruh Indonesia. Bulan yang paling rame akan kunjungan adalah bulan Juli dan Agustus. Baik itu di puncaknya ataupun di danau segara anak.

Pasalnya, bulan tersebut selalu diadakan Tapak Rinjani. Kegiatan ini selalu diadakan, terutama oleh kalangan pecinta alam setempat yang telah bekerjasama dengan balai taman nasional gunung rinjani.

Ada beberapa jalur yang bisa dilewati pendaki untuk sampai ke puncaknya. Diantaranya adalah jalur pendakian sembalun dan Senaru. Ini merupakan jalur resmi yang biasa dilewati oleh pendaki.

Keistimewaan Gunung Rinjani Lombok

Rinjani termasuk gunung yang memiliki kawasan lengkap. Kawasannya meliputi hutan, padang savanna sampai jlur vulkanik.

Pendakian di sini terasa sangat menguras tenaga. Namun begitu, kerja keras bisa terbayarkan dengan berbagai keistimewaan yang ditemukan di rinjani ini. Diantara keistimewaan dari gunung  ini adalah sebagai berikut.

  • Segara anak di kawasan Rinjani

Segara anak ini artinya adalah lautan anak. Maksudnya adalah kawasan yang menyerupai lautan, tentunya dalam versi lebih kecil.

Kepopulerannya sebenarnya sudah terlihat. Terutama gambarannya sudah banyak diketahui oleh orang masa lampau. Contohnya adalah yang tergambar dalam mata uang rupiah 10.000 di tahun 1998.

Karakteristik segara anak ini adalah airnya yang kebiru-biruan. Ini didapatkan dari pantulan sinar matahari pada benteng gagah rinjani, kemudian pantulan dari pepohonan rindang di sekitarnya.

  • Pemandian air panas alami

Selain segara anak, Rinjani juga menawarkan pemandian air panas yang mengandung belerang. Lokasinya berdekatan dengan segara anak.

  • Terdapat goa yang menarik

Kawasan ini juga menghadirkan banyak keistimewaan yang menyilaukan mata. Kehadiran goa-goa alami menjadi tambahan amunisi untuk menarik wisatawan.

Goa yang dimaksud adalah goa payung mas dan goa susu. Goa ini juga berdekatan dengan segara anak.

  • Air terjun

Tercatat ada sekitar 20 air terjun di kaki pegunungan ini. Tentunya dengan air yang begitu jernih. Ini membuat suasananya tampak lebih menyegarkan.

  • Sunrise dan sunset yang indah

Pendaki kebanyakan yang dicari adalah sunrisenya. Terbitnya matahari menjadi pemandangan tersendiri.

Namun di Rinjani, bukan hanya sunrise saja, melainkan sunsetnya juga menawan. Sunset di pegunungan ini sangat bagus. Bahkan bisa dikatakan sebagai sunset paling romantis. Tak ayal, pegunungan ini pernah dijadikan sebagai tempat shooting dari film Romeo dari Rinjani.

Masalahnya, butuh banyak persiapan untuk berkunjung ke sana. Namun, Anda bisa menikmati keeksotisan puncak di bahasan gunung terindah Indonesia ini.

Kesimpulannya, pegunungan ini merupakan kawasan yang sangat komplit. Yakni menghadirkan banyak panorama yang ikonik, memanjakan mata.

Oleh karenanya, tidak mengherankan jika pegunungan ini diimpikan oleh pendaki lokal maupun manca. Jadi, apakah Anda juga bermimpi untuk datang di Gunung Rinjani?

Sending
User Review
0 (0 votes)