Cintamu, Keluargamu Bertepuk Sebelah Tangan Dengan Hobimu Mendaki

nasehat orang tua pada anak

Gimana ya ngomongnya? Pasti nyesek, kecewa, apalah istilahnya. Yang pasti, rasa sedikit nyesel kalau tetep mendaki tanpa restu dari mereka.

Ingat, keluarga itu nomer satu. Kita akan ingat jika di dalam keluarga, kehangatan dan kenyamanan akan mudah didapatkan.

Bahkan ketika kita mengalami hal yang tidak menyenangkan, keluarga bisa membesarkan hati kita.

Kita bisa bangkit dari keterpurukan, bahkan sangat enteng rasanya memikul beban yang teramat sangat sebelumnya.

Dengan demikian, orang yang paling menghawatirkan diri kita ya keluarga, juga orang yang mencintai kita selama ini.

Nah, sedikit tips buat kamu yang pengen mendaki gunung tapi dilarang oleh orang yang menyayangimu ini akan cukup membantu.

Perkuat Dengan Membagikan Rencana Yang Matang Pada Mereka

Salah satu cara yang bisa Anda tempuh adalah memberikan informasi tentang rencana Anda. Bicarakan secara detail tentang kapan Anda akan mendaki.

Pastikan Anda ga mendaki pada kondisi yang tidak memungkinkan. Kalau ini dilakukan, sudah pasti Anda akan dilarang total naik gunung.

Kemudian, ceritakan berapa hari Anda akan melakukan pendakian. Kemudian ceritakan pula tentang sejumlah persiapan, mulai dari perlengkapan, logistic dan lain sebagainya.

Bahkan, ceritakan dengan siapa Anda akan mendaki.

Informasi ini paling penting, khususnya untuk membuat mereka tidak khawatir ketika kita naik gunung.

Berikan Pemahaman Pada Mereka Tentang Mendaki Gunung

Berikan informasi jika naik gunung tidaklah menyeramkan seperti yang mereka bayangkan. Ini juga cukup penting.

Kebanyakan dari mereka memikirkan jika naik gunung itu penuh dengan resiko. Apalagi ketika banyak media yang menginformasikan kalau banyak terjadi badai, apalagi tersesat dan lain sebagainya.

Paling tidak, Anda bisa menceritakan sedikit alasan kenapa orang tersesat di gunung. Dan Anda menceritakan opsi supaya tidak melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh pendaki tersebut.

Buatlah alasan kenapa Anda aman ketika melakukan pendakian. Buatlah mereka agar tidak khawatir terlalu berlebihan.

Kenalkan Mereka Dengan Rekan Pendaki Yang Anda Ajak

Cara selanjutnya tentu memperkenalkan orang-orang yang akan diajak mendaki. Minimal Anda mengajak orang terdekat yang biasa naik gunung.

Atau kalau memungkinkan Anda bisa mengajak orang yang sudah berpengalaman. Tentunya untuk membantu Anda dalam mendapatkan ijin.

Janji Selalu Memberikan Kabar

Orang yang paling khawatir itu adalah keluarga dan orang yang mencintai Anda. Jangan biarkan mereka selalu berfikiran yang enggak-enggak.

Anda bisa mengatakan kalau akan selalu memberikan kabar. Memang kayaknya seperti anak mami, tapi ini cukup ampuh untuk mendapatkan ijin. Terutama kalau Anda adalah pendaki pemula.

Kalau pendaki senior sih ga perlu repot-repot. Biasanya, keluarga atau orang yang mencintainya mendukungnya. Cuma ya sama, tetap ada rasa khawatir jika tidak memberikan kabar.

Intinya, berikan kejelasan dan kabar supaya mereka tidak khawatir. Jika hal ini dilakukan, Anda bisa mendapatkan ijin. Kalau tetap ga, ya tinggal ngopi di rumah. Tapi jangan kecewa ya, besok dicoba lagi. Hehe…

Sending
User Review
0 (0 votes)