Legenda Dewi Rengganis Di Gunung Argopuro

dewi-rengganisKisah dewi rengganis gunung argopuro ini sangat melegenda. Hampir setiap pendaki mengetahuinya. Sosoknya cantik, memiliki beberapa dayang yang terkadang membuat suasana pendakian menjadi lain.

Setiap orang yang akan melakukan pendakian ke gunung argopuro diminta untuk menjaga kesopanan. Mereka tidak diperkenankan untuk mengambil atau memindahkan benda yang ditemui di perjalanan. Gunanya untuk menghindari hal yang tidak sewajarnya.

Secara, banyak sekali cerita mistis yang terjadi di gunung ini. Tidak sedikit pendaki yang pernah mengalaminya. Dan ini menjadi sebuah misteri yang belum terjawab kebenarannya hingga saat ini.

Cerita Dewi Rengganis Probolinggo

Dewi rengganis merupakan sebuah sosok yang melegenda di lereng gunung argopuro. Tepatnya dipercayai oleh masyarakat yang berada di kaki gunungnya seperti Bondowoso, Probolinggo, Jember dan Situbondo.

Putri Rengganis ini dipercayai memiliki wajah yang sangat cantik. Tidak hanya cantik, dewi ini juga termasuk sebagai keturunan penguasa. Oleh karenanya, banyak sekali pangeran kerajaan ingin mempersuntignya.

Kecantikannya konon didapatkan dari kebiasaannya dalam mengkonsumsi bunga-bungaan dan rerumputan. Jadi, tidak mengherankan jika Anda akan menemukan berbagai bunga dan rerumputan di sepanjang perjalanan ke puncak argopuro.

Menurut berbagai sumber, terdapat beberapa versi yang menceritakan tentang kisah putri dari seorang raja Majapahit masa lalu. Salah satunya ialah dewi merupakan keturunan dari Brawijaya yang berhak untuk menjadi penguasa.

Kemudian terbitlah mandat untuk membuat sebuah keraton di atas gunung secara lengkap. Di sini, sang dewi membawa keseluruhan dayangnya dan menguasai kawasan tersebut.

Versi lain menyebutkan bahwa dewi ini putri selir brawijaya yang tidak diakui. Tetapi setelah dewasa, dewi pergi bersama patih menuju puncak argopuro. Di sini, dibangunlah sebuah keraton sebagai kerajaannya.

Sejauh ini, reruntuhan keraton nampaknya masih bisa ditemui. Ini dibuktikan dengan keberadaan puing-puing di kawasan puncak rengganis. Makanya, kawasan ini dijadikan sebagai salah satu situs purbakala.

Kemistisan di Gunung Argopuro

Cerita mistis di gunung ini dipandang berasal dari dewi dan dayang-dayang yang mendiami kawasan tersebut. Setiap pendaki disarankan untuk berlaku sopan ketika bertamu. Jika tidak, dikhawatirkan akan mengalami masalah.

Berikut cerita mistis yang perlu diketahui oleh para pendaki.

  • Dewi Penolong

Dari sekian banyak dayang yang mengikuti dewi rengganis, ada satu dayang yang sering dimintai pertolongan. Namanya sangat dikenal oleh peziarah. Dia adalah dewi Selendang Biru.

  • Dayang Penggoda

Ada juga cerita mengenai godaan dari para dayang terhadap pendaki. Dayang ini akan mengajak pendaki untuk berkencan. Bilamana tergoda dan merasakan kesenangan bersamanya, pendaki ini tidak mau meninggalkan gunung tersebut.

  • Mandi Di Tengah Danau Dengan Dayang

Ada lagi ceritanya bahwa beberapa orang akan didatangi oleh para dayang. Lantas diajak menuju sebuah danau bernama danau Taman Hidup untuk diajak mandi sampai tengah.

Dalam kondisi berkabut dan dingin, seseorang tidak menyadarinya. Akibatnya, seseorang akan tenggelam dan menjadi bagian dari penghuni alam gaib di gunung tersebut.

  • Taman Gaib Rengganis

Kegaiban ini tidak semua bisa dilihat oleh pendaki. Tapi hanya sebagian saja. Seakan dirinya melihat sebuah taman yang begitu indah, dikelilingi dengan tanaman bunga dan buah.

Ketika orang tersebut memetiknya, seseorang akan kebingungan dan tidak bisa keluar dari kawasan tersebut.

Dan perlu dipahami bahwa kawasan ini memang terlihat ada taman bunga yang indah. Terlebih di kawasan bekas landasan pesawat yang merupakan saksi bisu di masa lampau.

Di sini, pendaki disarankan untuk tidak melewatinya. Karena tempatnya sangat angker dan kebanyakan pendaki akan tersesat dari sini.

Sebagai tamu, menjaga kesopanan adalah sebuah kewajiban. Terlebih di Argopuro yang termasuk gunung paling angker. Jika pendaki usil dengan memetik atau memindahkan barang, dikhawatirkan Dewi Rengganis yang dipercaya mendiami kawasan akan marah dan membuat Anda tersesat ataupun kesurupan.

Sending
User Review
0 (0 votes)

Leave a Comment