Tips Mempersiapkan Perjalanan Mendaki Malam Hari

mendaki malam hariMendaki malam hari bisa menjadi petualangan yang tak terlupakan. Tetapi, pendakian ini penuh dengan tantangan sehingga dibutuhkan sebuah rencana.

Anda dapat memata-matai alam di waktu  malam. Ini menjadi pengalaman seru yang sulit terlupa. Bahkan, kemungkinan belum pernah Anda alami.

Sensasinya sangat berbeda. Suguhan alamnya sempurna. Langit bertabur bintang terus menemani. Begitu pula, perjalanan terbebas dari kebisingan serta kepadatan dari para pendaki.

Meskipun begitu, ada tantangan yang Anda hadapi ketika berjalan di waktu gelap. Semilir angin sangat kencang. Dan jalanan cukup sulit untuk Anda lihat.

Jika pendakian ini pertama kali Anda alami, mempersiapkan diri sangatlah penting. Tujuannya untuk memastikan keselamatan perjalanan.

Kali ini, Kami akan berbagi kiat untuk mendaki gunung di malam hari. Kiat ini akan menumbuhkan rasa percaya diri. Selain itu, langkah kaki Anda akan semakin mantap. Berikut ini tipsnya.

Pakaian dan Peralatan Mendaki Malam

Apa yang sebaiknya Anda kenakan saat mendaki pada malam hari? Pahami kebutuhannya untuk meningkatkan keselamatan dalam perjalanan malam. Di antara perlengkapan yang Anda butuhkan adalah:

  1. Lampu dan Baterai Cadangan

Gunakan lampu depan yang menempel pada bagian kepala. Fungsinya untuk memudahkan pendakian. Terlebih, tangan Anda tidak perlu memeganginya sehingga tangan dapat bergerak bebas untuk menjaga keseimbangan.

Selain itu, bawalah baterai cadangan. Sewaktu daya lampu habis, baterai ini bisa digunakan.

  1. GPS

Peralatan ini menghindarkan diri dari tersesat. Ketika keluar jalur, Anda bisa memeriksa GPS untuk kembali ke posisi awal.

  1. Kenakan Pakaian Berlapis

Faktanya, suhu malam hari itu lebih rendah dari biasanya. Rasa dingin bisa menembus tulang. Dan ini menjadi kendala yang menggagalkan petualangan pada waktu malam.

Solusinya, kenakan pakaian berlapis. Fungsinya untuk mencegah tubuh kedinginan di perjalanan.

  1. Kenakan Sepatu

Saat gelap, Anda akan kesulitan untuk melihat apa yang diinjak. Itu bisa berupa lumpur, genangan, bebatuan tajam dan lain sebagainya.

Mengenakan sepatu setidaknya dapat meminimalkan cedera. Misalnya tergores dari batuan.

  1. Gunakan Pakaian Reflektif

Bahan-bahan yang bisa memantulkan sinar sangat Anda butuhkan. Bahan ini bisa Anda sematkan dalam jaket, gelang tangan hingga celana.

Fungsinya sebagai penanda. Ketika Anda tertinggal atau tersesat, pakaian seperti ini memudahkan untuk dikenali oleh rekan.

  1. Siapkan Minuman Hangat dan Makanan Berenergi

Ini menjadi pilihan tepat untuk menghangatkan tubuh. Salah satunya ialah cokelat panas. Anda bisa menghangatkannya selama beristirahat.

Pilihan Rute Hiking Malam Hari

Persiapan mendaki malam hari harusnya lebih masuk akal. Selain mempersiapkan peralatan, Anda juga perlu merencanakan rute hiking. Minimal, rute yang Anda pilih lebih mudah untuk dilewati. Pemilihannya bisa Anda lakukan seperti ini.

  1. Jalurnya Sudah Anda Kenal

Pastikan bahwa jalurnya cukup akrab. Fungsinya untuk meminimalkan risiko tersesat.

Ingatlah bahwa pendakian ini terbilang cukup berat. Waktu yang Anda butuhkan terasa melambat. Karena, kegelapan malam menjadi penghalang utama.

  1. Hindari Sulitnya Medan

Penting untuk memilih medan yang sederhana. Pasalnya, ini berhubungan dengan faktor keselamatan.

Contohnya ialah meminimalkan berjalan di sekitar tebing, sungai atau punggung bukit. Jika terpaksa, berhati-hatilah dalam melangkah.

  1. Pilih Rute dengan Landmark Jelas

Memilih rute dengan banyak landmark yang jelas sangat disarankan. Tujuannya untuk memberikan tanda selama perjalanan. Contohnya ialah formasi batuan, pepohonan tinggi dan lain sebagainya.

  1. Hindari Pendakian yang Berhutan Lebat

Ini menjadi peringatan sendiri bagi setiap pendaki. Jalur dengan hutan lebat akan menyulitkan penglihatan.

Meskipun telah membekali diri dengan senter, jalur ini bisa menyulitkan. Malahan, perjalanan ini semakin menyita waktu. Jadi, cari informasi terlebih dahulu sebelum merencanakan pendakian ke gunung pada malam hari.

  1. Periksa Peringatan Satwa Liar

Pada beberapa tempat, satwa liar akan aktif di malam hari. Anda harusnya mengetahuinya.

Jika memang terlalu berbahaya, usahakan tidak melanggar peringatan. Misalnya dengan mengurungkan niat untuk melanjutkan perjalanan.

Tips Menikmati Pendakian Malam Hari

Petualangan mendaki malam hari harusnya membuahkan suasana yang menyenangkan. Selain sensasinya lebih seru, Anda juga perlu memastikan keselamatan. Untuk menikmatinya, Anda bisa menerapkan tips berikut ini.

  1. Mendaki Saat Cuaca Cerah

Pastikan bahwa petualangan ini baik-baik saja. Caranya dengan merencanakan perjalanan saat cuacanya cerah.

Cuaca seperti ini memungkinkan pendaki dapat melihat keindahan malam yang sempurna. Taburan bintang yang menghiasi langit akan memberikan kenikmatan tersendiri.

Waktu terbaiknya ketika purnama tiba. Selain pemandangannya lebih menarik, Anda juga bisa menghemat penggunaan lampu senter.

  1. Mendaki dengan Kelompok

Keseruan tercipta bila mendaki dengan kelompok. Setidaknya, ada rekan yang menemani selama perjalanan.

Yang terpenting, jagalah pertemanan dan tetap terhubung. Kemudian, pastikan bahwa setiap pendaki memegang tanggung jawab. Mulai dari siapa yang membawa perlengkapan, navigator dan lain sebagainya.

Fungsinya untuk mencegah kondisi yang tidak diinginkan. Dengan kata lain, perjalanan muncak pada malam hari akan lebih aman dan nyaman.

  1. Mulai Pendakian Sejak Terbenam Matahari

Mengawali langkah sejak matahari terbenam bisa menjadi pilihan yang bagus. Tetapi, pastikan untuk menyelesaikan kewajiban terlebih dahulu. Contohnya sholat bagi seorang muslim.

Alasan memulainya sejak awal dilatarbelakangi oleh tujuan membiasakan diri dengan kegelapan. Anda akan memiliki kesiapan. Bahkan ketika Anda sudah masuk ke dalam kegelapan yang cukup pekat.

  1. Luangkan Waktu untuk Istirahat

Sesekali, berhentilah sejenak untuk mengistirahatkan tubuh. Ini juga penting untuk mendapatkan momen berharga. Contohnya mendengarkan alam sembari menikmati segelas cokelat panas.

Jika sudah cukup istirahatnya, lanjutkan perjalanan. Fungsinya untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat.

Akhirnya, perencanaan menjadi modal utama bagi Anda yang mendaki malam hari. Bagaimanapun juga, pendakian ini penuh risiko. Oleh karenanya, bijaksanalah dalam mengambil sikap agar perjalanan tetap aman.

Sending
User Review
0 (0 votes)