Pegunungan Di Papua Dengan Ketinggiannya

pegunungan-di-papua

Pegunungan di Papua menjadi misteri bagi setiap pendakian. Ketinggiannya luar biasa, disertai dengan karakter gunung yang sangat berbeda. Salah satunya ialah munculnya salju abadi.

Banyak pengamat tidak percaya sebelum akhirnya membuktikan keberadaan salju tersebut. Ini dibuktikan dengan beberapa pendaki dari mancanegara yang melihat kekhasan gunung bersalju di atas garis katulistiwa.

Jika dilihat dari lokasinya, sangat tidak mungkin salju ada di kawasan tersebut. Apalagi sampai bertahan begitu lamanya.

Namun kenyataannya, salju tersebut ditemukan. Ini menambah wawasan sekaligus menunjukkan kebesaran Tuhan yang bisa dilihat dari ciptaanNya.

Nama Pegunungan di Papua

Pada halaman ini, kami akan menunjukkan beberapa daftar pegunungan di pulau Papua. Tentunya dengan kekhasan serta ketinggiannya. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Pegunungan Foja

Nama yang pertama ialah pegunungan Foja. Ini juga dikenal dengan sebutan Mamberamo Pegunungan Foja. Ketinggiannya mencapai 2.193 mdpl.

Letaknya berada di sebelah utara Sungai Mamberamo. Menjadi tempat pemasok air bersih bagi warga sekitar. Bahkan airnya disalurkan ke seluruh kawasan di bagian Utara.

Bisa dibayangkan jika tempat ini menjadi pusat terpenting untuk memenuhi kebutuhan warganya. Menariknya, beberapa kaki gunungnya masih belum terjamah dan warganya kebanyakan bermukim di dekat permukaan air laut.

2. Pegunungan Maoke

Pegunungan Maoke sendiri membentang luas di kawasan Papua Nugini. Ini mencakup sebagian gunung tertinggi yang terdapat di sekitarnya. Gabungan gunung tertinggi di kawasan ini menjadikannya begitu luar biasa. Membuat setiap orang takjub akan kemegahannya.

3. Pegunungan Jayawijaya

Puncak Jayawijaya

Puncak Jayawijaya Tersohor di Dunia

Jayawijaya merupakan pegunungan tertinggi di papua. Ketinggiannya mencapai 5.030 mdpl. Menjadi yang paling luar biasa dengan balutan salju yang begitu dingin di puncaknya.

Sebagian pendaki professional memimpikan untuk bisa menaklukkannya. Hanya saja, medannya sangat menantang sehingga tidak banyak pendaki yang berhasil untuk menggapainya.

Untuk mencapainya, diperlukan fisik lebih kuat. Kemampuan dalam menguasai teknik pendakian, peralatan mumpuni serta tim hebat wajib dimiliki. Selain itu, logistik lengkap serta biaya mendukung tidak luput untuk dipersiapkan.

Daftar Gunung Di Papua

Selain yang disebutkan di atas, Papua juga menyimpan berbagai jenis gunung dengan ketinggian bervariasi. Kesemuanya membentuk sebuah rangkaian gunung termegah. Berikut kami tunjukkan daftar lengkapnya.

  • Gunung Dom (Ketinggian 1.332 mdpl)
  • Gn Cyrcloop (ketinggian 2.034 mdpl)
  • Gn Togwomeri 2.680 mdpl
  • Ngga Pilimsit 4.717 mdpl
  • Gn Derabaro 4.150 mdpl
  • Trikora 4.730 mdpl
  • Mandala 4.640 mdpl

Masih banyak deretan gunung yang tersebar di pulau Papua untuk digali. Sebagai warga Indonesia, patutlah Anda berbangga bahwa negeri tercinta dipenuhi dengan gunung yang megah.

Setidaknya, ini menggambarkan betapa kayanya Indonesia. Dicontohkan dengan kekayaan sumber alamnya, serta berbagai flora dan faunanya. Jadi, tetap jaga kelestarian dari pegunungan di papua dan kawasan lain agar keelokannya tetap bertahan sampai anak cucu.

Sending
User Review
0 (0 votes)

Leave a Comment