Perencanaan Pendakian Pertama Kali Yang Tepat

perencanaan pendakian pertamaSedikit gugup itu wajar bagi pemula. Kondisi ini tidak lantas menyurutkan niat. Kuncinya, Anda melakukan perencanaan pendakian pertama dengan baik.

Memiliki waktu luang dan bebas dari pekerjaan tentu sangat menyenangkan. Kesempatan ini layak untuk Anda maksimalkan. Salah satunya dengan merencanakan pendakian ke gunung.

Masalahnya, Anda baru pertama kali melakukan pendakian. Lalu, apa yang seharusnya Anda persiapkan?

Persiapan Pendaki Pemula

Secara teknis, merencanakan perjalanan hiking itu mudah. Terutama dengan banyaknya sumber daya online yang tersedia. Meskipun begitu, Anda perlu memastikan bahwa informasinya memang membantu.

Jika Anda sedang merencanakannya, pastikan untuk mempertimbangkan faktor berikut ini.

  • Cari Tahu Jalurnya

Pertama kalinya, Anda perlu menentukan rute pendakian. Pengenalan jalur memungkinkan pendakian lebih terarah.

Anda pun dapat memahami seperti apa jalurnya. Pemahaman ini membuat Anda dapat menelusurinya dengan menapak sempurna.

Cara terbaiknya ialah dengan mengakses informasi di website atau sumber lainnya. Temukan gunung yang Anda maksud. Kemudian, tentukan salah satu jalur yang sekiranya mampu untuk Anda lewati.

  • Lama Waktu Pendakian

Tanyakan pada diri sendiri berapa lama waktu Anda habiskan untuk mendaki. Itu sangat penting untuk memastikan kemampuanmu.

Untuk mengetahuinya, Anda perlu mencari tahu tentang ketinggiannya. Kemudian, lihat tingkat kesulitannya.

Semakin tinggi pegunungan, perjalanan mendaki ini akan menghabiskan waktu. Bahkan, tidak jarang jika pendaki harus melakukan perjalanan hingga beberapa hari.

Biasanya, situs yang mengulas tentang pendakian gunung sudah menjelaskan estimasi waktunya. Tetapi sebagai orang yang pertama kali naik gunung, Anda sebaiknya menambahkan waktunya. Setidaknya, perkiraan waktunya lebih tepat.

  • Kesiapan Fisik

Jika Anda baru dalam mendaki, mungkin yang terbaik adalah memulai dengan lambat. Fungsinya untuk menjaga tubuh tetap bertenaga.

Ketika menemui lintasan yang sulit, tubuh masih memiliki koordinasi yang baik. Langkah kaki tetap mantap untuk menapaki medan hingga ke puncak.

  • Pahami Jarak Tempuh

Salah satu perencanaan pendakian pertama kali yang paling penting ialah mengenali jaraknya. Ini dilakukan untuk memastikan ritme berjalan dalam setiap medan.

Ketika menemui jalanan setapak yang landai, Anda bisa memulai perjalanan dengan lebih cepat. Sementara bila menemui bukit yang curam, Anda dapat memperlambat langkah kaki.

Setidaknya, ritme ini akan membuat tenaga tetap terjaga. Begitu pula, waktu yang Anda butuhkan untuk mencapai puncak sesuai dengan perkiraan.

  • Cari Tahu Cuacanya

Selalu periksa ramalan cuaca sebelum mendaki. Fungsinya untuk memastikan bahwa pakaian yang Anda kenakan memang tepat.

Sederhananya, Anda dapat mempersiapkan diri dengan baik. Jika cuacanya tidak mendukung, Anda bisa mengurungkan pendakian sejak awal. Jadi, Anda dapat beraktivitas lain di sekitar rumah.

Peralatan yang Harus Dibawa saat Mendaki

Mendaki itu melatih tanggung jawab. Begitu juga mengajarkan tentang mandiri. Karena, keberhasilan pendakian sangat bergantung pada perilaku pendaki.

Selain membekali informasi tentang jalur pendakian, Anda juga perlu mengetahui apa saja yang perlu dibawa. Dan ini menjadi bagian dari perencanaan yang dapat mempertinggi keselamatan di alam terbuka.

Secara garis besar, Anda memerlukan pelindung tubuh. Mulai dari pakaian, sepatu, topi, sarung tangan dan lain sebagainya.

Kemudian, Anda butuh tempat untuk menyimpannya. Yakni tas dengan ukuran lebih besar untuk membawa perlengkapan tersebut. Untuk mengetahui informasinya lebih detail, periksa checklist perlengkapan mendaki ini.

Jika semua perencanaan pendakian pertama ini sudah dilakukan, Anda telah siap untuk mendaki. Yang paling penting, temukan teman pendaki yang tepat. Dengan begitu, Anda dapat menikmati perjalanan yang penuh kesan.

Sending
User Review
0 (0 votes)