Jalur Populer Puncak 29 Muria Dan Lokasi Basecamp

Puncak 29 Muria dikenal dengan sebutan puncak songolikur. Orang juga menyebut dengan puncak sapto renggo. Menawarkan keindahan alam. Membuat pendaki tergugah untuk menjelajahinya dengan rombongan.

Puncak ini menempati urutan kedua tertinggi di Gunung Muria. Meskipun begitu, pendakian ke tempat ini terbilang aman. Bahkan, cukup ramah bagi pendaki pemula.

Jalur yang tersedia cukup mudah di akses. Lokasi basecamp juga mudah ditemukan. Tak ayal jika banyak pendaki bermunculan di tempat ini.

Gambaran Dari Puncak 29 Muria

Secara administratif, puncak 29 Muria ini terletak di kawasan desa Rahtawu, Gebog Kabupaten Kudus. Ini termasuk kawasan wisata di mana banyak tempat asyik untuk berlibur.

Anda bisa menghabiskan waktu di sana. Baik untuk melakukan pendakian maupun sekedar menikmati waktu kosong di kaki gunung.

Asal tahu saja, puncak 29 Kudus ini menawarkan ketinggian sedang. Ketinggiannya mencapai 1603 mdpl.

Meskipun cukup rendah, bukan berarti perjalanan akan mudah. Anda tetap perlu membuat perencanaan matang. Secara, gunung tidaklah seramah yang Anda bayangkan.

Semakin jauh menapaki ketinggian, suasananya menjadi lebih dingin. Anda yang tidak mengenakan pakaian gunung bisa mengalami kedinginan hebat. Dan ini harusnya dihindari.

Pasalnya, kedinginan di atas gunung menjadi momok paling mengerikan. Anda tidak bisa mengabaikannya begitu saja.

Apabila Anda sudah mempersiapkan, pendakian bakalan menyenangkan. Treknya cukup mudah. Anda bisa menapaki jalur yang tersedia dengan nyaman.

Kenyamanan ini berpadu dengan kepuasan yang tak terkira. Secara, suguhan alam di gunung ini sangat menjanjikan. Pasalnya, suasananya masih sangat asri.

Jalur Pendakian Gunung Muria

sendang bunton puncak songolikur

Jalur pendakian ke puncak 29 gunung Muria ini terbagi menjadi dua. Anda bisa memutuskan untuk memilih salah satunya. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Melalui Desa Tempur

Tempur merupakan bagian dari desa di Kabupaten Jepara. Menawarkan akses yang cukup cepat menuju puncak.

Jalur ini biasa digunakan oleh pendaki asal Jepara. Karena lokasinya cukup dekat dengan tempat tinggalnya.

Selain itu, perjalanan juga lebih singkat. Nantinya, pendakian dari jalur ini akan bertemu pendaki asal jalur Rahtawu di pos ke empat, Sendang Bunton.

  • Melalui Desa Rahtawu

Jalur pendakian puncak 29 Muria ini sangat populer di kalangan pendaki. Jalurnya di akses melalui Desa Rahtawu, Kabupaten Kudus.

Kebanyakan pendaki sering menggunakan opsi ini. Selain mudahnya akses, jalur ini juga lebih mudah dijangkau.

Ketika Anda sampai di Kota Kudus, Anda tinggal melakukan perjalanan menuju desa Rahtawu. Rata-rata, perjalanan hanya memakan waktu sekitar 60 menitan.

Gunakan kendaraan roda dua supaya perjalanan cepat sampai ke Desa Rahtawu. Pastikan bahwa kendaraan dalam kondisi sehat. Secara, jalanan cukup berkelok dan menanjak.

Perlu digaris bawahi jika basecamp puncak 29 di Rahtawu ini hanya sebatas dikelola warga. Anda yang datang cukup mengeluarkan retribusi yang murah. Berikut dengan biaya menginapkan kendaraan yang Anda bawa.

Dari desa ini, Anda bisa memulai pendakian. Awali dengan berjalan kaki. Trek awal ini cukup ringan. Secara, treknya cukup datar hingga ke pos ketiga.

Setelah itu, barulah Anda menjumpai trek menanjak hingga ke pos ke empat, Sendang Buton. Anda bisa istirahat sambil menunggu waktu mendaki yang sesungguhnya.

Sendang Bunton menyediakan warung makan. Warga sekitar lereng gunung Muria yang membukanya. Anda bisa membeli makanan di sini. Berikut dengan menyediakan air untuk keperluan minum di puncak.

Tempat Mendirikan Tenda di Puncak Songolikur

Asal tahu saja, di puncak songolikur saptorenggo ini tidak memiliki basecamp asli. Tapi sudah ada beberapa tempat istirahat yang dibangun rapi.

Buat yang mau mendirikan tenda, Anda tetap bisa melakukannya di area sekitar puncak. Yakni di pos kelima. Pos ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa warung. Jadi, Anda tetap bisa mengisi perut walau tidak bawa perbekalan yang cukup.

Atau, Anda juga bisa istirahat di Sendang Buton. Di area ini, ada tempat untuk rebahan yang mana disediakan oleh warga. Cuma, tempat istirahat hanya seadanya.

Selain itu, Anda bisa mendirikan tenda di atas. Hanya saja, areanya terbatas. Ketika jumlah pendaki cukup besar, Anda kemungkinan besar tidak mendapatkan tempat.

Kesimpulannya, jalur populer untuk mendaki puncak 29 Muria terletak di Desa Rahtawu. Anda bisa mengunjunginya dengan membawa kendaraan roda dua. Baik itu membawanya sendiri atau menggunakan jasa ojek.

Sending
User Review
5 (2 votes)