Keindahan Puncak Jayawijaya Di Papua Yang Begitu Fenomenal Bagi Pendaki

Puncak Jayawijaya

Puncak Jayawijaya merupakan puncak tertinggi di Indonesia. Ketinggiannya mencapai 4.884 mdpl. Ini menjadi puncak pendakian yang tidak boleh didaki oleh sembarangan pendaki.

Fisik yang prima wajib diupayakan. Sama halnya dengan mental yang kuat. Dan yang tidak kalah penting, biaya juga harus dipertimbangkan oleh pendaki.

Tidak sembarang pendaki bisa mencapai puncak yang disebut juga dengan puncak Carstensz ini. Ini hanya diperuntukkan untuk pendaki professional yang sudah berpengalaman melakukan pendakian. Kemudian sudah memiliki perizinan yang jelas di kawasan tersebut.

Terlepas dari hal tersebut, puncak jaya wijaya papua ini menyimpan keindahan tersendiri. Keindahan alamnya ini menjadikannya sebagai salah satu dari seven summit paling fenomenal di dunia.

Ini juga termasuk salah satu gunung di papua tertinggi. Memiliki banyak keunikan yang membuat pendaki semakin penasaran.

Keunikan Puncak Jayawijaya Papua

Sejatinya, Indonesia adalah negara yang berada di atas garis katulistiwa. Ciri khasnya adalah memiliki iklim tropis. Ini berarti jika hampir tidak mungkin kawasan beriklim tropis dituruni oleh salju.

Namun kenyataannya, salju ini ada di puncak carstensz papua ini. Salju menyelimuti puncaknya dengan begitu indahnya. Sejauh ini, salju masih ada walaupun sudah mulai berkurang akibat pemanasan global.

Eksotisme pemandangan alam ini bisa dilihat jelas oleh para pendaki. Namun harus diingat bahwa pendakian ini tidak boleh dilakukan sendirian. Setidaknya, Anda butuh kelompok untuk mendaki yang memakan waktu beberapa hari tersebut.

Di kawasan ini, suhu udara bisa mencapai 0 derajat. Bisa dibayangkan betapa dinginnya di atas pegunungan. Tapi dengan kekuatan fisik dan perlengkapan yang sesuai, pendaki bisa melihat pemandangan yang begitu mengagumkan.

Tentu saja pemandangan yang dimaksud adalah puncak gunung yang diselimuti dengan salju tersebut. Apalagi ditambah dengan pancaran sinar matahari. Tentunya, pemandangannya akan lebih mengagumkan.

Petunjuk Pendakian Puncak Jayawijaya

Bagi Anda yang sudah berpengalaman dan suka dengan tantangan besar, mendaki Puncak Jayawijaya bisa direncanakan. Syaratnya, fisik harus mumpuni supaya tidak terjadi masalah. Sisanya adalah pembiayaan dan beberapa teknis dalam pendakian.

Mengenai alur perjalanan, Anda bisa memulainya sampai di basecamp gunung jayawijaya. Bagi yang berangkat dari Jakarta, berangkatlah dengan pesawat terbang sampai bandara Timika Papua.

Kemudian perjalanan selanjutnya adalah menuju Kabupaten Puncak Jaya. Biasanya, pendaki juga butuh armada pesawat lokal untuk mengantarkannya dari Bandara Timika ke Kabupaten tersebut.

Perlu diperhatikan bahwa basecamp awal di puncak Jaya ini berada di kawasan PT. FREEPOT. Anda perlu memiliki izin yang pasti supaya bisa diperkenankan untuk masuk.

Setelah mendapatkan izin, silahkan melakukan pendaftaran. Biasanya, pendaki juga bisa menyewa jasa angkut barang agar lebih meringankan.

Perjalanan kemudian bisa dilakukan. Diawali dari Carstensz Pyramid Basecamp, kemudian menuju danau biru. Baru kemudian mendaki lagi sampai lembah danau-danau, lanjut ke yellow valley. Baru setelahnya mencapai puncak jaya wijaya.

Untuk mempercepat perjalanan, kadang ada yang memanfaatkan heli. Heli ini mampu mengantarkan pendaki sampai yellow valley. Tapi perlu diperhatikan, biayanya akan lebih mahal.

Akhirnya, jika Anda alat mendaki ini punya financial, fisik dan mental yang kuat, kini saatnya melengkapi daftar gunung yang pernah didaki di Indonesia. Nah, sudah siapkah Anda untuk menaklukkan Puncak Jayawijaya di Papua ini?

Sending
User Review
0 (0 votes)