Puncak Mandala Papua, Banyak Pendaki Yang Gagal (Tips Sukses)

Puncak Mandala

Puncak Mandala Papua termasuk dalam kategori puncak tertinggi di Indonesia. Tepatnya menempati posisi kedua setelah puncak Jaya yang sama-sama berada di Papua.

Ketinggiannya mencapai 4.760 mdpl. Trek yang ada terbilang sangat sulit. Dan ini diamini oleh sebagian besar pendaki profesinal. Tidak heran jika pemahaman akan rute dan teknik tinggi harus dimiliki. Terutama jika pendaki ingin berhasil melakukan pendakian.

Puncak Mandala Papua ini dijuluki juga dengan puncak Juliana. Masuk dalam bagian gunung jayawijaya. Artinya, puncaknya juga diselimuti oleh gletser salju yang tebal.

Sayangnya, salju tersebut kian menipis. Sama seperti puncak Trikora Papua Barat yang berdiri kokoh di sekitar Mandala Papua. Meskipun begitu, tetap saja suhu di atas gunung tersebut tetap sangat dingin.

Orang Pertama Yang Menaklukkan Puncak Mandala Papua

Trek menunju puncak Juliana ini terbilang sangat ekstrim. Ini diakui oleh banyak pendaki. Dicontohkan pada tahun 1996. Seorang pendaki Australia tidak mampu menyelesaikan pendakian walaupun kenyataannya hampir berhasil.

Untuk melakukan pendakian, pendakian diawali dari desa Bime. Setelah itu dilanjutkan menuju sisi utara gunung Jayawijaya.

Pendaki pertama yang mencoba untuk melakukan pendakian di puncak tersebut adalah seseorang berkebangsaan Belanda. Tapi maaf sob, kami tidak tahu siapa namanya. Dari beberapa sumber, informasinya hanya sebatas itu. Tepatnya di tahun 1953.

Kemudian di tahun 1990, ada lagi yang melakukan pendakian. Namanya adalag Bruce Parry dan Mark Anstice. Pendaki inilah yang berhasil menapaki puncaknya. Rute yang digunakan adalah lewat sisi selatan gunung.

Selebihnya, masih sangat jarang pendaki yang berhasil menaklukkannya. Karena memang medannya yang teramat sulit. Bahkan, kepopulerannya juga bisa dikatakan agak redup jika dibandingkan puncak jaya wijaya.

Tips Mendaki Puncak Mandala Papua

Puncak Mandala ini adalah salah puncak yang ada di gunung Jayawijaya. Ini berarti, ada kesulitan yang sama dialami oleh pendaki.

Salah satunya adalah birokrasi yang ada. Kemudian akses jalan yang masih sangat terbatas. Jadinya, biaya akan keluar sama besarnya.

Yang tak kalah ekstrim, medan yang akan dilalui katanya sangat ekstrim. Terbukti dengan catatan sejarah yang belum banyak mengulas tentang kesuksesan pendaki di puncak tersebut.

Ok, sobat alat mendaki. Buat yang tertarik untuk melakukan pendakian di kawasan tersebut, ada kalanya sobat perlu mempersiapkan berbagai hal. Jadi, kami rangkum saja dalam tips berikut ini.

  • Persiapkan fisik yang mumpuni secara medannya berat
  • Rajin naik gunung beberapa bulan sebelumnya
  • Rencanakan perjalanan dengan bertanya pada petugas di tempat
  • Bawa rekan berpengalaman
  • Pelajari rute yang didapat dari petugasnya
  • Siapkan perlengkapan yang memadai untuk pendakian di puncak mandala papua
  • Atur logistic sebaik mungkin karena tidak ada toko di sana
  • Dapatkan izin dan lapor sebelum melakukan pendakian
  • Bawa baju yang bisa menghangatkan secara maksimal karena udaranya sangat dingin
  • Sisanya rencanakan pengeluaran biayanya

Demikianlah ulasan singkat yang bisa kami sampaikan. Semoga setidaknya bisa memberikan gambaran kecil mengenai Puncak Mandala di Papua.

Sending
User Review
0 (0 votes)