Sleeping Bag Yang Bagus Untuk Kegiatan Mendaki

sleeping bag

Sleeping bag merupakan bawaan wajib bagi seorang pendaki. Keberadaannya akan membuat istirahat pendaki lebih nyaman. Bahkan bisa menjadi perlengkapan untuk mendukung keselamatan jiwa. Tak heran jika Anda dianjurkan untuk membawanya sendiri-sendiri.

Kantung tidur ini banyak sekali jenisnya. Ukurannya juga beragam. Yang artinya, Anda harus jeli sewaktu ingin membelinya.

Kejelian akan membuat Anda puas. Betapa tidak, perlengkapan ini bisa memberikan kehangantan secara sempurna. Terlebih, harganya sangat bersahabat.

Di sini, kami akan berbagai bagaimana cara memilih sleeping bag untuk keperluan mendakimu. Seperti apa tipsnya? Mari perhatikan ulasannya berikut ini!

Cermati Ukuran Sleeping Bag

Ukuran kantung tidur ini memang harus dipertimbangkan. Ukuran ini merujuk pada panjang dan lebarnya perlengkapan. Artinya, disesuaikan dengan bentuk tubuh pemakainya.

Pastikan untuk memilih sleeping bag yang seukuran. Karena ini berkaitan langsung dengan nyaman tidaknya Anda saat mengenakannya.

Ilustrasinya, bila perlengkapan ini terlalu longgar, maka kesannya tidak terlalu hangat. Sebaliknya bila terlalu ketat ataupun pendek, kemungkinan Anda akan mengalami ketidaknyamanan. Misalnya kaki malah tertekuk dan kaku.

Pilih Sleeping Bag Berbentuk Mummy

Di atas gunung, hawa dingin sangat terasa. Dinginnya pegunungan ini berbeda dengan di halaman rumah. Karena hembusan angin malam di pegunungan cukup kencang. Bisa berbahaya jika tubuh Anda tidak hangat.

Jika suasana dingin ini tidak teratasi, Anda akan kesulitan untuk istirahat. Maka dari itu, balutlah keseluruhan tubuh dengan penghangat dari sleeping bag saat istirahat.

Nah, kantung tidur ini banyak sekali bentuknya. Bagi pendaki gunung, disarankan untuk memilih kantung tidur yang berbentuk mummy.

Bentuk tersebut dirasa sesuai dengan hobimu mendaki. Karena hangat yang diberikan sangat pas. Berbeda sekali dengan yang berbentuk tikar.

Umumnya, yang berbentuk tikar digunakan oleh traveler atau backpacker. Normalnya, suasana dinginnya tidak seperti yang dirasakan di atas gunung.

Carilah Kantung Tidur Yang Memiliki Penutup Kepala

Berbagai merek telah menyediakan perlengkapan ini dengan penutup kepala. Namun ada juga yang tidak. Dan Anda sangat direkomendasikan untuk memilih yang memiliki penutup kepala.

Carilah sleeping bag eiger atau sleeping bag consina yang memang punya kelengkapan tersebut. Merek lain juga bisa, yang terpenting punya penutup kepala. Gunanya adalah untuk mendapatkan suasana hangat secara sempurna.

Bahan Kantung Tidur

Bahan untuk membuat kantung tidur ini berbeda-beda. Dan masing-masing memiliki kelebihan sendiri dalam hal menghangatkan tubuh saat istirahat. Perbedaan bahan inilah yang membuat harganya berbeda.

Bahan pembuatnya ini bermacam-macam. Diantaranya adalah parasit, sintesis, Dacron dan polar. Bahan tersebut punya kelebihan sendiri-sendiri.

Untuk kantung tidur berbahan parasit memiliki kelebihan pada sisi entengnya saat dibawa. Normalnya, bahan ini akan dipadukan dengan bulu atau kapas untuk menciptakan rasa hangat.

Bahan sintesis juga sama. Kelebihannya adalah mudah kering dan lebih enteng. Anda tidak akan terbebani saat membawanya.

Sementara bahan Dacron punya kelebihan pada kehangatannya. Masalahnya, bahan ini bisa memakan tempat saat dipacking. Sedangkan bahan polar jauh lebih baik dalam urusan menghangatkan tubuh.

Kalau memungkinkan, pilihlah sleeping bag yang dibuat dari bahan Dacron dan polar. Kombinasi bahan ini akan menciptakan rasa hangat yang sempurna.

Cari Yang Memiliki Resleting Bagus

Bagi perlengkapan yang memiliki resleting, kendala utamanya adalah cepat rusak. Entah itu macet, ataupun malah tidak bisa digunakan sama sekali meskipun masih baru.

Sebelum membeli, pastikan untuk mencoba bagian tersebut. Serta perhatikan kerapatan resleting. Kalau bisa, temukan ukuran rit yang sangat kecil agar angin tidak mudah menembus sleeping bag.

Kelengkapan Sleeping Bag

Semakin banyak orang mencari perlengkapan utama ini, maka semakin diperbarui kelengkapannya. Terobosan baru ini diharapkan bisa membantu para pendaki. Khususnya untuk mendapatkan kenyamanan dan keamanan.

Kelengkapan yang dimaksud bisa berupa sejumlah kantung yang bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang pendaki. Entah itu dompet, smartphone dan lain sebagainya.

Selain itu, bisa juga kelengkapan kantung untuk membungkusnya. Semuanya bisa diperhatikan. Tentunya untuk mendukung kenyamanan saat digunakan untuk istirahat.

Yang terakhir, pastikan untuk mendapatkan garansi dari penjualnya. Ini sifatnya sangat penting. Karena berkaitan langsung dengan klaim penggantian lantaran rusak sendiri dan lain sebagainya.

Selain kantung tidur, kenyamanan pendakian ditentukan oleh kelengkapan yang Anda bawa. Jadi, pastikan untuk memilih sejumlah perlengkapan mendaki gunung yang benar-benar dibutuhkan.

Itulah beberapa kiat untuk memilih kantung tidur. Kecermatan Anda akan berbuah hasil manis. Anda merasa ringan saat membawanya, serta merasa nyaman saat istirahat. Jadi, sudahkah Anda menemukan sleeping bag yang pas saat ini?

Sending
User Review
0 (0 votes)

Leave a Comment