Tempat Menarik Yang Bisa Ditemukan Di Gunung Kerinci

Gunung Kerinci

Gunung Kerinci termasuk gunung yang digemari oleh pecinta alam. Dan gunung ini termasuk gunung berapi tertinggi di Indonesia. Di dalamnya tersimpan beberapa tempat menarik. Dan tempat inilah yang menjadi daya tarik bagi para pendaki.

Gunung tersebut memiliki ketinggian mencapai 3.805 mdpl. Kemudian, letaknya berada di Provinsi Jambi. Dan pegunungan ini bisa dicapai dengan menggunakan transportasi. Baik itu menggunakan kendaraan sewa, pribadi, atau kendaraan umum seperti bus.

Ada beberapa tempat menarik yang bisa ditemukan di gunung ini. Tentunya, tempat ini bisa memberikan kesegaran dan kepuasan batin. Oleh karenanya, banyak wisatawan lokal maupun asing berbondong-bondong untuk mengunjunginya. Diantara tempat menarik yang disajikan Kerinci ini adalah sebagai berikut.

Pertama, Puncak Gunung Kerinci

Bagi pendaki, menaklukkan puncak tertinggi adalah sebuah impian besar. Impian ini bisa diwujudkan saat mendaki ke puncak Kerinci ini.

Selama mendaki, pendaki akan menjumpai beberapa medan yang landai dan terjal. Medan yang akan dijumpai adalah medan beraspal, batuan cadas, aliran sungai, medan berpasir sampai tanjakan dengan kemiringan sekitar 50 derajat.

Sesampai di puncaknya, pendaki akan menemukan keindahan alam di bawahnya. Setidaknya, pendaki akan melihat alam yang begitu hijau segar. Jauh dari hingar bingar perkotaan yang kadang memberikan sesak.

Kedua, Danau-Danau Di Kaki Gunung Kerinci

Selain mencapai puncaknya, para wisatawan juga akan menemukan beberapa danau. Diantaranya adalah danau kerinci dan danau gunung tujuh.

Danau kerinci ini letaknya berada di kaki gunung Raja, Kabupaten Kerinci. Luasnya sekitar 5000 meter persegi dan berada di ketinggian 783 mdpl. Pemandangan alam di sini begitu indah. Danau tersebut semakin indah karena memiliki latar belakang dari pegunungan bukit barisan.

Di sekitar danau ini, Anda bisa menjumpai sejumlah batu berukir. Konon batu berukir ini merupakan peninggalan dari manusia purba yang berada di masa megalit ribuan tahun silam.

Menariknya, ada festival tahunan yang diselenggarakan di danau kerinci ini. Festival tersebut menyajikan sejumlah atraksi khas dari masyarakat Jambi. Tujuannya adalah untuk memberikan suguhan bagi wisatawan yang datang.

Sementara danau gunung tujuh sendiri letaknya ada di desa Pelompek Kecamatan Kayu Aro. Danau ini tercatat sebagai danau tertinggi di asia tenggara. Ketinggiannya mencapai 1.905 mdpl.

Menurut catatan sejarah, danau ini terbentuk akibat letusan gunung tujuh ratusan tahun yang lalu. Makanya, danau ini akan memberikan kesan yang berbeda bagi siapa saja yang datang.

Ketiga, Air Terjun Di Sekitar Gunung

Ada banyak sekali air terjun yang berada di sekitar Gunung Kerinci ini. Diantaranya adalah air terjun gunung tujuh dan air terjun telun berasap. Air terjun ini bersumber dari danau gunung tujuh.

Air terjun telun berasap ini menjadi tempat favorit bagi wisatawan. Lokasinya berada di kabupaten kerinci, kurang lebih berada di kaki gunung. Atau tepatnya berada di sebelah timur puncak kerinci.

Di sekitar air terjun ini terdapat sebuah goa alam. Namun goa ini jarang atau hampir tidak pernah didatangi wisatawan. Pasalnya, air terjun telun berasap ini begitu deras, serta memiliki karang yang terjal.

Keempat, Masjid Agung Pondok Tinggi

Salah satu tempat yang layak dikunjungi oleh pendaki/wisatawan adalah masjid agung pondok tinggi. Masjid ini memiliki arsitektur yang unik. Yakni memiliki ciri khas masjid nusantara masa lampau.

Ini terlihat dari atapnya yang dibuat tumpang berlapis tiga. Keunikannya lagi datang dari dindingnya yang terbuat dari anyaman bambu. Masjid ini dibangun pertama kali pada tahun 1874. Letaknya berada di kota sungai penuh.

Itulah beberapa tempat yang layak untuk didatangi selain mendaki puncak kerinci. Bagi yang ingin melakukan perjalan ke sana, perhitungkan biayanya. Jadi, selamat menemukan pengalaman baru di Gunung Kerinci.

Sending
User Review
0 (0 votes)