Waktu Terbaik Mendaki Gunung Prau Yang Perlu Pendaki Ketahui

waktu terbaik mendaki gunung prau

Wonosobo menjadi kawasan favorit bagi wisatawan. Pasalnya, banyak tempat menarik yang tersaji di dalamnya. Contohnya adalah telaga warna, dieng sampai Gunung Prau.

Mt Prau sendiri menawarkan pemandangan paling menarik. Pecinta alam akan dibuai dengan sajian alam yang begitu menggoda. Menariknya, gunung ini termasuk ramah bagi pemula lantaran tidak terlalu tinggi.

Keindahan Gunung Prau Wonosobo

Gunung Prau terletak di Dieng Wonosobo, Jawa Tengah. Pegunungan ini memiliki puncak sekitar 2.565 mdpl.

Penggiat alam biasanya melakukan pendakian di tempat ini. Meskipun kenyataannya puncaknya terbilang rendah.

Alasan yang melatarbelakangi banyak pendaki di puncak Prau adalah sajian alam yang memanjakan mata. Diantaranya adalah pemandangan kawasan Dieng dari puncak.

Selain itu, pemandangan telaga warna akan terlihat. Khususnya bila tidak diselimuti kabut sebagaimana cuacanya pegunungan yang tidak tentu.

Tak hanya itu saja, kekokohan gunung Merbabu dipertontonkan di sini. Paling menariknya, golden sunrise yang menyejukkan mata akan ditemukan pendaki. Dengan catatan, pendakian dilakukan di malam hari, dan cuacanya cerah.

Keindahan lain yang akan ditemukan pendaki adalah bukit teletubis. Bukit inilah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Tidak heran jika puncak yang terbilang rendah ini tetap ramai akan peminatnya.

Untuk menggapai puncaknya, pendaki bisa melewati beberapa jalur. Diantara rute pendakian gunung prau yang paling favorit adalah lewat patak banteng dan dieng.

Hal yang perlu diingat adalah jalur patak banteng sendiri tidak akan ditemukan sumber air. Pendaki harus mempersiapkan sendiri saat akan melakukan pendakian. Atau, pendaki bisa membelinya secara langsung di pos-pos yang ada.

Pasalnya, di beberapa pos tersedia beberapa warung. Tapi, Anda perlu mengeluarkan biaya lebih. Maksudnya, segala macam logistiknya agak mahal.

Waktu Terbaik Mendaki Gunung Prau Jawa Tengah

Gunung Prau memang menjadi andalan bagi pendaki manapun. Keindahan alam yang ditawarkan adalah alasannya. Selain itu, gunung ini cocok untuk pemula. Minimal bisa dijadikan sebagai uji coba sebelum melakukan pendakian di gunung yang lebih tinggi.

Perlu diketahui bahwa pegunungan ini tidak selalu dibuka sepanjang tahun. Setidaknya, penutupan jalur akan dilakukan setelah tahun baru sampai bulan April.

Bulan-bulan ini termasuk bulan yang kurang pas untuk pendakian di kawasan tersebut. Cuacanya akan lebih ekstrim, contohnya sangat dingin ataupun licin. Pertanyaannya adalah kapan waktu terbaik naik gunung prau tersebut?

Jika Anda ingin melakukan pendakian dan menemukan pemandangan menarik nan haru, sebaiknya pendakian dilakukan setelah jalurnya dibuka kembali. Khususnya adalah setelah musim hujan selesai, dan memasuki musim kemarau awal.

Alasannya adalah jika mendaki di musim hujan, pendaki akan menemukan banyak medan yang sangat licin. Ini bisa membahayakan pendakian.

Sementara bila mendaki di musim kemarau, pendaki akan menemukan medan yang dipenuhi debu. Kondisi inilah yang kadang membuat pendakian tidak nyaman.

Mengenai kapan waktu yang tepat untuk memulai pendakian, pendakian bisa dilakukan siang ataupun malam. Tentunya sesuai dengan keadaan dan keinginan pendaki sendiri.

Jika pendaki ingin melihat sunset di gunung, maka pendakian di siang hari akan sesuai. Sebaliknya jika ingin melihat golden sunrise yang diminati hampir seluruh pendaki di gunung prau, maka pendakian di malam hari adalah pilihan yang tepat.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk ke puncak? Rata-rata pendakian ke puncaknya sekitar 3-5 jam. Ini tergantung dengan ritme dan kecepatan dalam berjalan. Tentunya tanpa mengesmpingkan urusan pribadi, contohnya berhenti beberapa waktu untuk ambil foto sana-sini. Hehe..

Kesimpulannya, mendakilah ke gunung prau saat di waktu yang tepat. Setidaknya adalah saat cuacanya begitu cerah dan aman. Contohnya saat akan memasuki musim kemarau. Itulah waktu terbaik mendaki gunung prau.

Sending
User Review
0 (0 votes)