Water Bladder Terbaik Yang Cocok Menemani Pendakian

water bladder terbaikKetika mendaki, kebutuhan minum akan semakin besar. Membawanya sudah menjadi keharusan. Untuk memudahkan penggunaan, Anda seharusnya memiliki water bladder terbaik.

Water bladder adalah sebuah tempat untuk menyimpan air mineral. Perlengkapan ini berfungsi untuk memudahkan seseorang dalam meminum air. Tentunya tanpa harus mengeluarkannya dari tas.

Sejauh ini, botol penyimpanan air ini sudah mulai mendapatkan perhatian. Ini tidak lepas dari kelebihannya.

Kelebihan Water Bladder

Kebanyakan pendaki berpengalaman sudah memanfaatkan perlengkapan tersebut. Pemilihannya dilatarbelakangi oleh kelebihannya. Di antaranya sebagai berikut.

  1. Kapasitas Penyimpanan Memadai

Kapasitas untuk menyimpan air cukup besar. Anda dapat menyimpan air hingga 2-3 liter dalam kantung air tersebut. Itu cukup untuk konsumsi selama perjalanan.

  1. Mudah Dibawa

Botol air dirancang untuk memudahkan pemakainya. Memiliki selang khusus untuk keluar air. Kemudian, kantungnya dapat Anda lekatkan pada tempat penyimpanan.

Menariknya, kebanyakan tas gunung sudah menyediakan ruang khusus untuk menyimpan water bladder terbaik. Jadi, tidak salah bila Anda membelinya sebagai barang bawaan utama untuk mendaki.

  1. Minum Air Gampang

Kebutuhan air cukup besar ketika mendaki. Anda memerlukannya untuk mengembalikan cairan yang hilang. Setiap kali merasa dahaga, Anda hanya perlu menarik selangnya. Kemudian meminum air darinya tanpa harus mengeluarkan botol dari tas.

  1. Mengurangi Sampah Plastik

Tidak seperti botol mineral lainnya, water bladder nyatanya lebih ramah lingkungan. Secara, perlengkapan ini bisa Anda gunakan berulang kali.

Selagi botolnya masih bagus, Anda tetap bisa membawanya. Ini sekaligus membuat Anda dapat meminimalkan buang sampah sembarangan. Begitu juga memungkinkan penghematan biaya.

Daftar Botol Minum Terbaik

Meningkatnya kebutuhan atas produk menjadikan banyak brand tertarik untuk merilisnya. Di antara water bladder terbaik yang muncul di pasaran sebagai berikut.

  • Water Bladder Eiger

Eiger menjadi salah satu brand ternama yang melek dengan kebutuhan masyarakat. Buktinya, brand tersebut merilis produk yang sesuai dengan apa yang masyarakat cari. Khususnya botol minum yang cocok untuk kegiatan outdoor.

Produk kantung air mineral Eiger ini memiliki kapasitas penyimpanan sekitar 2 Liter. Memosisikan selang tepat berada di ujung bawah perlengkapan yang bentuknya sedikit meruncing. Bagian keluarnya air menghadap atas sehingga cukup aman dengan kebocoran.

  • Water Bladder Osprey

Produk ini lebih besar kapasitanya. Anda dapat membawa air sekitar 3 Liter. Tentunya, ini membuat pengisiannya tidak terlalu sering.

Bentuknya juga cukup simpel layaknya botol minum lainnya. Hanya saja, proses pengisian air jauh lebih mudah.

Kemudian, bagian sambungan selang dari water bladder Osprey menghadap ke atas. Selangnya juga cukup Panjang. Memungkinkan pendaki dapat menyimpannya di area yang lebih jauh.

  • Water Bladder Consina

Alternatif lainnya berasal dari rilisan brand Consina. Bentuknya lebih ramping sehingga tidak menghabiskan tempat penyimpanan dalam tas. Untuk kapasitasnya sendiri mencapai 2 Liter.

Setiap perlengkapan ini sudah disematkan selang dan tombol untuk menutup dan membuka air. Ketika Anda ingin menggunakannya, cukup tekan tombol agar airnya keluar.

Cara Membersihkan Water Bladder

Wadah air ini terbagi menjadi beberapa bagian. Dan itu bisa lepas pasang. Di antaranya adalah kantung air, selang dan dot. Lalu, bagaimana cara membersihkan kantung air ini?

  1. Teknik Pembersihan Water Tank

Pastikan Anda melepaskan komponen secara keseluruhan. Kemudian, mulai bersihkan bagian kantung airnya.

Untuk melakukannya, Anda memerlukan sabun dan sikat gigi. Basahi kantung dan dot terlebih dahulu.

Setelah itu, sikat bagian tersebut dengan memanfaatkan sikat yang dilumuri sabun cuci piring. Baru lakukan pembilasan dan keringkan dengan handuk serta angin-anginkan.

  1. Metode Pembersihan Selang

Selang water bladder paling sering kotor. Dan pembersihannya agak sulit. Untuk itulah, Anda memerlukan kawat dan kapas.

Selain itu, manfaatkan etanol untuk mengangkat kotoran. Etanol ini bisa Anda beli seperlunya saja.

Mengenai langkah pembersihannya, mulai dengan membalutkan kapas pada kawat. Kemudian, celupkan kapas ke dalam etanol.

Jika sudah, masukkan kawat ke dalam selang. Dorong dan tarik hingga selang terlihat bening. Karena ini menunjukkan bahwa kotorannya telah terangkat.

Setelah itu, bilas dengan air bersih. Keringkan sebelum akhirnya dipasang kembali dengan kantungnya. Kemudian, simpan di tempat yang aman selagi tidak Anda gunakan.

Itulah beberapa rekomendasi water bladder terbaik yang bisa Anda sediakan. Bawalah untuk menemani perjalanan mendaki. Jika nganggur, bersihkan dan simpan ke tempat penyimpanan yang lebih aman.

Sending
User Review
0 (0 votes)